Juara Liga Europa 2015 Masuk ke Liga Champion Musim Depan, Liga Spanyol Rugi

Juara Liga Europa 2015 Masuk ke Liga Champion Musim Depan, Liga Spanyol Rugi

Keputusan UEFA menjadikan juara Liga Europa 2015 masuk ke liga Champion 2015-2016 memberi ketidakberuntungan tersendiri bagi Liga Spanyol. Pasalnya, dengan demikian, tim yang duduk di peringkat delapan La Liga musim ini tidak akan kemana-mana musim depan.

Secara teknis, Liga Spanyol musim depan akan memiliki empat wakil di Liga Champions. Tiga di antaranya langsung masuk ke penyisihan grup, dan satu lainnya, sang peringkat empat bakal melalui babak play-off. Jika melihat klasemen La Liga hingga saat ini, mereka yang masuk adalah Barcelona, Real Madrid, dan Valencia (langsung lolos) serta Atletico Madrid (via play off).

Sementara itu untuk Liga Europa, Spanyol akan diwakili tiga tim. Yaitu juara Copa del Rey 2015 (bisa Barcelona atau Athletic Bilbao), serta peringkat lima dan enam kompetisi. Saat ini posisi itu menjadi milik Sevilla dan Villarreal.

Masalah muncul jika Sevilla menjuarai Liga Europa musim ini dan menjadi peringkat kelima Liga Spanyol di akhir musim. Kemudian, Barcelona juara Copa del Rey 2015. Ada harapan, tim peringkat delapan La Liga bisa masuk ke Liga Europa. Pasalnya, Sevilla akan mendapatkan hak ke Liga Champions. Sementara, Athletic Bilbao yang menjadi runner-up, tidak berhak lolos ke Liga Europa seperti di masa lalu.

Namun dipastikan oleh Sekretaris Jenderal UEFA, Gianni Infantino aturan tidak akan berlaku demikian. Yang diterapkan adalah, Spanyol mungkin saja memiliki lima tim di Liga Champions jika Sevilla juara Liga Europa dan duduk di peringkat lima La Liga.

Sebagai kompensasi, jatah Spanyol di Liga Europa bukan tiga peserta, tetapi hanya dua. Dengan demikian, tim yang ada di peringkat tujuh tidak akan mendapatkan hak apa-apa. Saat ini posisi itu dimiliki Malaga yang berbeda 11 poin dari Sevilla.

Sementara jika Sevilla juara Liga Europa dan bisa masuk ke peringkat empat, maka Spanyol cuma berhak mengirimkan empat wakil di Liga Champions. Peringkat kelima tidak akan menggantikan posisi Sevilla, tetapi langsung terjun ke Liga Europa.

Advertisements
Juara Liga Europa 2015 Masuk ke Liga Champion Musim Depan, Liga Spanyol Rugi | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better