Jenis Jenis Jaringan Komputer beserta Gambarnya

SilangHati.comJenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Beserta Gambarnya – Arti dari jaringan komputer (Computer Network) adalah suatu sistem yang memiliki 2 atau lebih komputer yang mana antara komputer yang satu dengan komputer lainnya terhubung satu sama lain pada suatu communication system (sistem komunikasi). Hal ini membuat setiap masing-masing komputer yang terhubung pada jaringan itu bisa saling bertukar data dan/atau program (bahkan printer sharing, file/berkas, media dsb). Dengan kata lain, jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari komputer yang saling terhubung, kemudian software serta perangkat/alat jaringan yang lain; yang saling bekerjasama dalam meraih tujuan yang sama. Tujuan tersebut mencakup:

  1. Berbagi daya, misalnya sharing penggunaan printer, memori, CPU, hard disk dll.
  2. Berkomunikasi, misalnya berkirim email, chatting, instant messaging dll.
  3. Berbagi informasi, misalnya berselancar di web (web browsing) dll.

jenis jenis jaringan komputer beserta gambarnya

Jenis Jenis Jaringan Komputer dan Gambarnya


Untuk bisa menggapai tujuan bersama, setiap komponen atau bagian dari jenis jaringan komputer tersebut akan “meminta” dan “memberikan” service tertentu. Pihak yang menerima/meminta service/layanan tersebut dinamakan Client. Sedangkan bagi yang mengirim/memberikan service disebut Server. Proses meminta dan memberi ini lazimnya disebut Client-Server. Contoh sederhana adalah, ketika anda mengetik “jenis jenis sistem jaringan komputer beserta gambarnya” di Google, berarti Anda sedang “meminta”. Kemudian Anda mengklik URL situs ini dan situs ini “memberikan” data yang ingin Anda lihat; sederhana: client-server 😉
Selanjutnya, kita akan masuk ke jenis jenis jaringan komputer beserta gambarnya.

Fungsi Jenis Macam Tipe Jaringan

Sebelum memasuki jenis jenis sistem jaringan komputer beserta gambarnya, sebaiknya kita juga memiliki pemahaman tentang fungsi atau tujuan utama dari sebuah computer network. Menurut WikiPedia:

Jika dilihat dari fungsi, semua jenis jaringan komputer bertindak sebagai client dan server. Namun, ada beberapa jaringan komputer yang khusus dibuat untuk server saja atau sebaliknya, client saja. Sehingga, ada 2 jenis Jaringan Komputer, yakni:

  1. Client-server, yakni jaringan antar komputer yang dibuat khusus sebagai server yang memberikan layanan/service. Contoh paling dekat adalah domain SilangHati.com ini. 😀 Servernya menggunakan 1 buah komputer atau domain milik Google dan Facebook yang memiliki banyak sekali komputer sebagai server mereka. Situs SilangHati.com meskipun dengan hanya 1 komputer, tapi memiliki layanan yang beragam, mulai dari web server, mail server, database server hingga file server. Hanya saja, layanan ini terbatas untuk Admin dan user yang terdaftar saja 😉 Intinya, 1 komputer bisa saja sebagai server untuk komputer yang lainnya.
  2. Peer-to-Peer, yakni jaringan antar komputer di mana masing-masing host secara bersamaan bisa menjadi server dan client. Contoh yang sering dilakukan adalah berbagi dokumen atau file sharing yang dilakukan pada sistem operasi Windows. Pada Windows Network Neighbourhood anggap saja ada 3 komputer yang terhubung satu sama lain, yaitu komputer X, Y dan Z. Kesemuanya sudah memberikan akses untuk mengcopy/mendownload file di komputer masing-masing. Hingga ketika X mengakses file milik Y dan komputer Z mengakses file milik X, si komputer X ini bisa disebut Client sekaligus Server karena meminta dan memberi bersamaan. Proses inilah yang disebut Peer to Peer.

Macam Jenis Jaringan Komputer dan Gambar Jaringan Komputer

Sedikitnya ada 6 jenis jaringan komputer yang secara umum bisa ditemukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

A. Jenis-Jenis Jaringan Komputer dari sisi Geografis

1. Jaringan Local Area Network (LAN)

LAN Ethernet

LAN Ethernet

LAN merupakan jenis jaringan komputer geografis yang cakupan wilayah jaringannya kecil. Sebut saja jaringan komputer sekolah, kampus, kantor bahkan yang di dalam rumah. Umumnya LAN memiliki basis teknologi Ethernet IEEE 802.3 dengan bantuan perangkat/tools bernama Switch. Kecepatan mengirim data dengan LAN bervariasi, tergantung masing-masing perangkat. Ada yang 10 Mbps, 100 Mbps, dan 1 Tbps. Selain dengan Ethernet (wired), ada juga WiFi 802.11 a/b/g dll yang bisa dipakai untuk membuat jaringan LAN secara nirkabel/tanpa kabel (wireless).

LAN Ethernet dan WiFi

LAN Ethernet dan WiFi

2. Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)

Contoh Metropolitan Area Network MAN

Contoh Metropolitan Area Network MAN

MAN yang ini bukan SuperMAN atau SpiderMAN, tetapi jenis jaringan komputer yang berada dalam 1 kota (radius 10-50 kilometer atau lebih!) dengan kecepatan transfer data yang cukup cepat. MAN umumnya mengkoneksikan beberapa lokasi sekaligus seperti sekolah/kampus, perkantoran/pemerintahan bahkan taman kota. Sederhananya, jaringan jenis MAN merupakan gabungan dari banyak jaringan jenis LAN.

Diagram MAN Metropolitan Area Network

Diagram MAN Metropolitan Area Network

3. Jaringan Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network WAN

Wide Area Network WAN

Seperti namanya “WIDE” (LUAS), WAN adalah jaringan komputer yang besar dan luas cakupan wilayahnya. Bisa antar daerah, kota hingga negara seluruh dunia. Jaringan komputer WAN memerlukan router dan channel komunikasi publik. Di Indonesia bisa kita lihat coverage area milik Telkom, Indosat, atau jaringan seluler.

B. Jenis Ragam Jaringan Komputer dari sisi Informasi

1. Jaringan Terpusat

Pada jenis jaringan tipe ini, client & server adalah 2 hal yang harus ada. Terpusat maknanya, server yang memberikan data atau informasi hanya satu (lihat gambar di bawah sebelah kiri).

Jaringan Terpusat VS Jaringan Terdistribusi

Jaringan Terpusat VS Jaringan Terdistribusi

2. Jaringan terdistribusi

Berbeda dari jaringan terpusat, jaringan terdistribusi sejatinya adalah kombinasi dari beberapa jaringan yang terpusat. Sehingga, ada lebih dari 1 komputer yang bertindak sebagai server dan saling terhubung dengan client kemudian membentuk suatu sistem jaringan khusus.(lihat gambar di atas sebelah kanan)

C. Jenis-Jenis Jaringan Komputer dari sisi Topologi Jaringan

Yang satu ini akan kami update nanti secara terpisah.

D. Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Cara Mengirim/Menerima Data/Informasi

1. Wired Network (Jaringan Berkabel)

contoh jaringan berkabel wired network

Jenis jaringan berkabel ini -seperti namanya- adalah jaringan yang menghubungkan 1 komputer ke komputer lain dengan menggunakan media kabel. Kabel ini yang menjadi perantara sinyal antar komputer yang berada dalam 1 jaringan.

2. Wireless Network (Jaringan Nirkabel)

contoh jaringan tanpa kabel wireless network

Adalah jaringan yang menghubungkan 1 komputer dengan yang lain namun TANPA perantara kabel. Jaringan nirkabel menggunakan sinyal frekuensi tertentu agar bisa terhubung satu sama lain.

E. Jenis-Jenis Jaringan Komputer dari sisi Proses Data

1. Jaringan Client-Server

macam macam jaringan internet beserta gambar

Ini agak mirip dengan Jaringan Terpusat, hanya saja jaringan ini tersedia 1 atau lebih komputer yang bertindak sebagai server maupun client. Komputer server atau client bisa diubah melalui software tertentu yang ada di protokol jaringannya.

2. Jaringan Peer-to-peer

Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Jenis jaringan ini tidak ada istilah client atau server karena semua perangkat bisa melakukan penerimaan atau pengiriman.

F. WiMax

Contoh gambar jaringan komputer WiMAX

WiMax merupakan teknologi paling canggih yang secara umum bisa digunakan masyarakat jika ada infrastrukturnya. Mungkin ada yang lebih canggih tapi masih berupa prototipe atau hanya milik beberapa perusahaan atau badan tertentu. WiMax adalah evolusi dari Wireless dengan kemampuan jangkauan yang lebih luas.

Terimakasih sudah bersedia meluangkan waktu untuk mampir ke situs kami. Silakan ditambahkan jika ada yang kurang pada kolom komentar di bawah 😉

Advertisements
Jenis Jenis Jaringan Komputer beserta Gambarnya | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better