Jaringan 2G XL Tidak Diperluas, Kini Fokus 3G & 4G

XL

Jaringan 2G XL tidak lagi diperluas. XL Axiata kini lebih fokus pada 3G dan 4G. Keputusan tidak lagi memperluas jaringan 2G di daerah operasional dikarenakan trafik seluler sudah mengarah pada penggunaan internet 3G yang disusul dengan 4G LTE.

Padahal, trafik seluler XL saat ini 70% masih didominasi oleh 2G namun perusahaan menilai jaringan tersebut tidak mengalami pertumbuhan trafik secara fisik. Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini menuturkan, pemanfaatan jaringan 2G XL paling banyak dipakai untuk SMS dan telepon namun internet cukup kecil.

“Trafik 2G sudah tidak berkembang. Tren telepon dan SMS sudah bergeser ke data. Jadi tidak ada lagi BTS baru untuk 2G,” tandasnya.

Keputusan XL ini juga didasari data jika jumlah ponsel yang masuk ke pasar Indonesia separuhnya adalah smartphone. Sehingga, fokus XL di jaringan 2G bukan untuk memperluas melainkan memperkuat jaringannya saja.

Meski XL membangun BTS baru, kata Dian, maka yang akan dibangun jaringan 3G dan 4G bukan untuk 2G. Pada tahun 2014 XL memanfaatkan sekitar 52 ribu BTS yang 36 ribu diantaranya adalah BTS 2G dan 16 ribu adalah BTS 3G.

Perusahaan kini sedang mendorong pemanfaatan trafik ke 3G dan 4G di kawasan operasional yang berjalan di spektrum 900 MHz, 1.800 MHz, dan 2.100 MHz untuk menggeber layanan tersebut.

Advertisements
Jaringan 2G XL Tidak Diperluas, Kini Fokus 3G & 4G | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better