Jangan Sebar Foto Menara Eiffel di FB, Denda Menanti

Menara Eiffel

Jika berkesempatan mengunjungi Menara Eiffel di Paris, Perancis, jangan sekali-kali membagikannya ke media sosial, sebut saja FB, yakni foto menara tersebut saat malam hari. Sebab, ada ‘hukuman’ menanti bagi mereka yang nekat melakukannya.

Kini, turis tidak bisa sembarangan mengambil foto di sekitar Menara Eiffel terlebih di malam hari. Sebab, area tersebut dilindungi oleh undang-undang. Tentu saja kebijkan yang ada mengecewakan para pengunjung.

Menikmati Menara Eiffel di waktu malam dengan mengabadikannya adalah satu hal wajib yang mungkin dilakukan oleh semua turis. Kilauan lampu-lampu membuat lokasi sekitar menjadi lebih menarik, pemuh warna, serta nilai seni.

Patut diketahui jika suasana malam di sekitar menara tercipta berkat ide karya seni yang dinaungi oleh undang-undang. Mereproduksinya berarti melanggar hukum. Demikian pernyataan pihak pengelola, The Société d’Exploitation de la Tour Eiffel.

“Gambar siang hari pada menara Eiffel tidak memiliki hak cipta, namun berbagai iluminasi (pada malam hari) dilindungi oleh undang-undang. Penggunaan foto ini harus seizin Société d’Exploitation de la Tour Eiffel,” tulis perusahaan, dikutip dari CNN Indonesia.

Dengan regulasi ini maka turis tidak bebas asal jepret foto apalagi ambil foto Selfie. Nekat mengambil dan bahkan unggah ke media sosial, tentu saja justru malah menyalahi aturan yang ada. Apakah hanya Menara Eiffel yang miliki aturan ini?

Ternyata tidak. Atomium di Belgia misalnya, juga satu bangunan di Eropa yang miliki regulasi senada. Turis dilarang ambil foto tanpa seizin pengelola setempat.

Advertisements
Jangan Sebar Foto Menara Eiffel di FB, Denda Menanti | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better