Jalankan Aplikasi Android di Windows, Linux & Mac OS X dengan ARC Welder

ARC WelderARC Welder

Kini aplikasi Android memungkinkan untuk dijalankan di PC atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, Linux, dan bahkan Mac OS X melalui ARC Welder. Seperti yang kita ketahui, Google telah merilis ARC (App Runtime for Chrome) pada September 2014. Lalu apa fungsi ARC ini? Apa hubungannya dengan aplikasi Android?

ARC adalah sebuah tool yang memungkinkan pengembang atau developer menguji aplikasi Android yang mereka buat melalui perangkat yang menjalankan sistem operasi Chrome OS. Kini pembuat Android tersebut telah merilis ARC Welder yang memungkinkan pengembang dapat melakukan pengujian aplikasi melalui browser Chrome.

Ini berarti semua sistem operasi yang didukung browser Chrome dapat menjalankan aplikasi Android melalui tool ARC Welder ini. Googel sebenarnya merancang ARC Welder ini khusus untuk para pengembang aplikasi. Namun pengguna biasa juga dapat mengakses dan menggunakan ARC Welder untuk menjalankan aplikasi Android di sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS X.

Apa saja yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Android di PC Windows, Linux, dan Mac OS X? Ada tiga komponen yang diperlukan, yakni APK aplikasi yang akan dijalankan, browser Google Chrome, dan tool ARC Welder. Setelah proses setup selesai, pengguna dapat mulai menjalankan aplikasi Android di browser Chrome.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa Google mengintegrasikan dukungan untuk beberapa layanan Google Play, seperti Maps, lokasi, atau Google Cloud Messaging (GCM). Meski demikian, tak semua layanan Google telah didukung oleh ARC Welder, seperti yang dilansir dari Phone Arena (02/04/2015).

Advertisements
Jalankan Aplikasi Android di Windows, Linux & Mac OS X dengan ARC Welder | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better