ITB Siap Fasilitasi e-Blusukan Jokowi

Jokowi Presiden

Satu hal yang jadi ciri khas Joko Widodo (Jokowi) adalah kebiasaannya soal blusukan. Jika telah dilantik jadi presiden, Institut Teknologi Bandung (ITB) siap menfasilitasi dengan membuat ‘otak’ e-Blusukan dari smart city yaitu Smart System Platform (SSP). Seperti apa?

Program e-Blusukan disebut akan menghemat anggaran. Guru Besar ITB, Suhono Harso Supangkat dalam rilisnya berujar akan mendukung e-Bluskan dengan membuat ‘otak- dari smart city yakni SPP.

“Soalnya semangat e-blusukan itu ada di smart city,” tambahnya.

Platform tersebut bisa dipakai dalam suatu virtual operation room dengan infrastruktur cloud computing dan sensor (blusukan) komponen kota, kemudian diproses di cloud agar dimengerti oleh stakeholder kota yang selanjutnya lakukan action untuk solusi persoalan kota.

“Beberapa kota telah tertarik untuk menggunankan produk ini. Kita harapkan Presiden Jokowi juga mau mengadosi ini untuk e-blusukannya,” imbuh Suhono.

Komponen ‘otak’ dari smart city miliki peranan penting sebab gabungan perangkat keras, lunak, dan culture. ITB telah melepas suatu model kematangan smart city yang bisa dipakai untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan kota dalam mencapai kondisi Cergas (Cerdas dan Gegas).

Tahun ini, kata Suhono, ITB dan Telkom Grup tengah bekerja sama melakukan riset tentang kematangan dan kebutuhan smart city di beberapa kota. Dibuka bisnis modelnya dengan beragam cara mulai sewa, beli, atau lainnya.

Advertisements
ITB Siap Fasilitasi e-Blusukan Jokowi | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better