ISL 2015 Jangan Dikorbankan Hanya Karena Dua Tim Bermasalah

isl 2015 logo

Kompetisi Indonesia Super League (ISL) QNB League 2015 resmi diberhentikan untuk sementara. Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia (APPI) menilai, ISL 2015 jangan dikorbankan hanya karena ada dua tim peserta yang masih bermasalah, yaitu Arema Cronus Indonesia dan Persebaya Surabaya.

Penghentian ISL QNB League 2015 disebabkan karena masih adanya persoalan antara Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan PSSI dan PT Liga Indonesia serta PSSI terkait dilarangnya Arema Cronus Indonesia dan Persebaya Surabaya mengikuti kompetisi karena masih bermasalah dengan legalitas dan dualisme klub.

“Saya tidak pernah bilang bahwa berarti Arema dan Persebaya dicoret agar liga dapat terus dilangsungkan. Karena ada beberapa alternatif sebenarnya yang dapat dilakukan PT Liga Indonesia kepada dua klub tersebut tanpa mengorbankan 16 klub lainnya dalam berkompetisi,” kata CEO APPI, Valentino Simanjuntak, beberapa waktu lalu.

APPI menawarkan dua solusi terkait masalah ini. Pertama, laga-laga yang melibatkan Arema dan Persebaya dijadwalkan ulang hingga keduanya bisa memenuhi syarat yang diajukan oleh BOPI. Kedua, belajar dari pengalaman negara lain yang mengalami masalah serupa.

“Dua usulan solusi tadi hanya merupakan contoh bahwa liga tidak harus ditunda terus apabila ada segelintir klub yang masih bermasalah dalam memenuhi persyaratan lisensi untuk mengikuti liga,” papar Valentino Simanjutak.

“Hanya tinggal bagaimana ketegasan dan kreatifitas dari pengelola agar liga tetap berjalan tanpa mengorbankan klub lain yang sudah oke,” tutupnya.

Advertisements
ISL 2015 Jangan Dikorbankan Hanya Karena Dua Tim Bermasalah | Olah Raga | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better