Internet Kena Pajak di Hungaria, Rp 7 Ribuan Per 1GB

Pajak

Di satu negara Eropa, data internet mengalir 1GB, dana Rp 7 ribuan wajib dibayar. Cukup terjangkau bukan? Namun jangan kagum dulu. Ini bukan tarif internet melainkan pajak! Ya, di Hungaria kemungkinan sebentar lagi netizen negeri tersebut dibebani pajak internet.

Dalam akses internet dibutuhkan minimal dua hal: perangkat dan akses data. Kebutuhan kedua bisa dipangkas bila akses di lokasi yang sediakan koneksi gratis, misalkan WiFi publik.

Warga Hungaria sebentar lagi harus gigit jari. Sebab ada satu lagi kebutuhan yang wajib dipenuhi yakni pajak. Sebab, negeri tersebut telah usulkan RUU Pajak tahun 2015 ke parlemen terkait penetapan pajak penggunaan internet.

Bilamana regulasi ini goal maka penyedia layanan internet (ISP) akan dibebankan pajak sebesar USD 0,62 untuk setiap gigabita informasi terkirim. Pajak ini ‘menyerang’ ISP yang tentu saja akan berimbas ke netizen. Bisa jadi setelah pajak resmi masuk maka tarif internet naik atau bahkan dikenakan pajak per individu.

Kebijakan kontroversial itu kemudian mendulang protes di media sosial. Satu grup Facebook menentang wacana itu dengan dukungan 100 ribu orang yang telah bergabung. Satu alasan kuat yang jadi rasa kekhawatiran mereka, pihak ISP akan membebankan pajak ke netizen.

Kebijakan ini merupakan turunan dari kebijakan ekonomi di era Perdana Menteri Viktor Orban. Tujuannya untuk menjaga defisit anggaran. Pakar digital Neelie Kroes mengatakan jika pajak internet justru bisa mengganggu perekonomian bukan membantu perekonomian.

Advertisements
Internet Kena Pajak di Hungaria, Rp 7 Ribuan Per 1GB | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better