Internet Explorer di Windows Phone 8.1 Terdapat Celah Keamanan Serius

Internet ExplorerInternet Explorer

Browser Internet Explorer untuk sistem operasi Windows Phone 8.1 dikabarkan terdapat celah keamanan. Beberapa pihak menilai celah keamanan yang ditemukan tersebut adalah celah keamanan yang serius. Meski demikian, ada pula yang menganggap celah ini hanyalah minor bug atau tidak terlalu berbahaya.

Lubang keamanan yang ditemukan pada browser Internet Explorer memungkinkan penyerang atau pihak yang tidak berwenang untuk mempelajari sandi yang telah digunakan pada sebuah website. Hal ini dapat dilakukan tanpa harus melalui proses yang rumit. Lalu seperti apa sebenarnya celah keamanan Internet Explorer ini dapat dimanfaatkan oleh penyerang?

Celah keamanan ini terlihat ketika kita memasukkan pasword pada kolom login sebuah website. Password yang dimasukkan pengguna akan berubah menjadi karakter asterik seperti ‘*****’ sama seperti browser lain. Masalahnya ketika pengguna melakukan kopi paste password tersebut pada kolom menggunakan tombol khusus, maka akan tampil Bing Search atau Cortana dan password tersebut terungkap.

Kelemahan ini hanya hadir di Internet Explorer untuk Windows Phone 8.1 saja dan telah diperbaiki oleh Microsoft di Windows 10. Microsoft sendiri telah menanggapi masalah ini melalui respon dari salah seorang insinyurnya dan hal ini telah dibahas melalui sebuah forum.

“Terima kasih telah menghubungi Microsoft Security Response Center. Setelah penyelidikan kami telah memutuskan untuk tidak menjadi kerentanan keamanan karena membutuhkan akses fisik (lihat link di bawah). Untuk pembahasan tentang apa yang merupakan kerentanan produk mendalam, silakan lihat thread ini,” tanggapan Microsoft, seperti yang dilansir dari Softpedia (24/03/2015).

Advertisements
Internet Explorer di Windows Phone 8.1 Terdapat Celah Keamanan Serius | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better