Ini yang Bisa Terjadi Kalau Punya Kebiasaan Gigit Kuku Jari Tangan

menggigit-kuku-tangan

Sebagian orang melakukan kebiasaan menggigit kuku karena sebuah alasan. Biasanya kebiasaan ini dilakukan untuk mengekspresikan kegundahan atau rasa tegang. Tidak heran jika pelakunya memiliki bentuk kuku jari tangan yang kadang tidak beraturan karena sering tergigit.

Namun kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan. Kondisi jaring tangan sendiri kadang kurang steril sehingga memicu perpindahan kuman. Dikutip dari laman Detik Health, berikut beberapa masalah yang bisa timbul karena kebiasaan gigit kuku jari tangan:

  1. Infeksi kulit di area kuku (paronychia). Ini terjadi ketika pelindung yang terletak di antara kuku dan lipatan pecah akibat terlalu lembab. Saat menggigit jari, mikroba dapat masuk celah kuku dan melakukan infeksi. Gejala menjadi akut kalau sudah nyeri, meradang, atau terjadi pembengkakan.
  2. Risiko terkena herpes oral atau penyakit lain yang menyerang mulut. Penyebabnya adalah mikroba yang ada di kuku atau jari menempel pada bibir atau rongga mulut. Jika mikroba masuk tubuh dimungkinkan bisa terserang penyakit lainnya. Gigi depan juga bisa menjadi retak akibat terus dipakai untuk menggigit jari.
  3. Akar gigi dapat memendek jika keseringan mengigit kuku. Akibatnya, gigi mudah lepas. Selain itu dapat pula menyebabkan gusi terpotong sehingga menjadi jalan masuk kuman.
  4. Berisiko muncul kutil kuku. Kuti ini bersifat merusak pertumbuhan kuku lalu menyebar ke bagian lainnya. Masalah lainnya, kutil kuku lebih sulit disembuhkan karena letaknya di sekitar kuku.
  5. Munculnya tumor jinak dalam bentuk kutil subungual atau periungual. Jika tidak ditangani dapat maka bisa terus tumbuh.

Advertisements
Ini yang Bisa Terjadi Kalau Punya Kebiasaan Gigit Kuku Jari Tangan | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better