Ini Prinsip Dari Keuangan Syariah

SilangHati.com – Berbicara mengenai keuangan syariah kini tentunya menjadi salah satu solusi tersendiri bagi keuangan kita sebagai umat muslim, saat ini sudah banyak yang beralih dari menggunakan system keuangan konvesional menjadi syariah. Kini juga bisa kita lihat bahwa pertumbuhan ekonomi juga semakin terasa geliatnya. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada menjamurnya lembaga-lembaga keuangan.

Bank Syariah Pilihan dengan Pelayanan Terbaik di Indonesia Bank Syariah Bukopin

Di sini salah satunya yaitu lembaga keuangan syariah. Seperti yang kita tahu bahwa lembaga keuangan syariah ini juga mencakup bank, yang di mana ada bank memiliki landaskan dengan sistem yang menggunakan konsep syariah Islam. Akan tetapu juga ada untuk bagian dari lembaga keuangan syariah yang bukan dari berbentuk bank, contohnya yaitu seperti pegadaian, reksa dana, pasar modal, dsb

Biasanya untuk konsep keuangan syariah ini yang digunakan oleh lembaga memiliki prinsip dasar seperti halnya dengan kemitraan, transparansi, keadilan dan banyak lagi yang lainnya, secara rinci bisa Anda lihat di bawah ini:

  1. Prinsip Kemitraan
    Yang pertama yaitu dengan prinsip kemitraan, seperti yang kitaa taahu bahwa prinsip in digunakan untuk mengatur bahwa bagai para nasabah pengguna dan juga lembaga itu sendiri akan menjadi sejajar posisinya dengan adanya mitra usaha. Hal ini tentu saja dibuat supaya keuntungan juga akan terasa maksimal dan juga lebih bersinergi.
  2. Prinsip Keadilan
    Ini sebagai salah satu prinsip yang mengacu pada tindakan yang adil untuk setiap pihak, sesuai dengan adanya kontribusi serta risiko yang telah mereka emban.
  3. Prinsip Transparansi
    Prinsip ini merupakan sebagai pengingat kepada para nasabah untuk pengguna bahwa lembaga keuangan syariah yang selalu memberikan mengenai penjelasan secara terinci diawal dan secara terbuka sehingga para nasabah dan investor juga akan lebih mengetahui hak serta kewajibannya dengan jelas.
  4. Prinsip Menyeluruh
    Prinsip ini yaitu mencakup pada sifat serta lembaga yang dapat digunakan oleh siapa saja tanpa mereka membedakan ras, agama, suku, serta golongan. Prinsip-prinsip dasar tersebut juga menjadikan secara tidak langsung masyarakat dapat mulai merasakan mengenai keuntungan yang sedang ditawarkan dengan transaksi keuangan yang memiliki konsep syariah. Dengan adanya transaksi yang aman dan transparan sebagai kunci dari sistem keuangan ini akan memiliki kemaslahatan.

Itulah beberapa prinsip keuangan syariah yang perlu Anda ketahui supaya Anda tidak awam mengenai keuangan syariah tersebut.

Advertisements
Ini Prinsip Dari Keuangan Syariah | Bisman Syah | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better