Ini Perbedaan Nexus 6 vs Nexus 5

Nexus 6 vs Nexus 5Nexus 6 vs Nexus 5

Google secara resmi telah memperkenalkan smartphone Nexus 6 yang dibuat oleh Motorola untuk meneruskan kesuksesan Nexus 5. Sedangkan Nexus 5 sendiri saat ini masih dijual dengan harga Rp 4 juta-an di Indonesia. Lalu apa perbedaan spesifikasi antara Nexus 6 vs Nexus 5?

Layar & Sistem Operasi

Nexus 6 dibekali dengan layar sentuh berukuran 5,9 inci atau lebih besar yang menggunakan resolusi Quad High Definition atau QHD 2560 x 1440 piksel yang menggunakan teknologi AMOLED dengan kerapatan 496 piksel per inci. Smartphone gahar ini telah menjalankan sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Sedangkan Nexus 5 datang dengan layar berukuran 4,95 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan layar mencapai 445 piksel per inci dan dilindungi oleh lapisan anti gores Gorilla Glass buatan Corning. Smartphone ini unggul dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat terbaru.

Chipset & Prosesor

Sektor dapur pacu, Google Motorola Nexus 6 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 805 yang mengusung prosesor quad-core Krait 450 berkecepatan 2,65GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB dan didukung oleh pengolah grafis mumpuni dari Adreno 420.

Sedangkan Nexus 5 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 800 yang mengusung prosesor quad-core Krait 400 dengan kecepatan 2,3GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan didukung oleh grafis mumpuni dari Adreno 330. Nexus 5 jelas lebih unggul dari Samsung Galaxy S4 di sektor ini.

Kamera & Baterai

Motorola membekali smartphone Nexus 6 dengan kamera belakang dengan resolusi 13 megapiksel autofokus lengkap dengan dual LED flash unik dan fitur Optical Image Stabilization (OIS), serta menggunakan sensor Sony Exmor IMX 214 dengan aperture f/2.0. Nexus 6 didukung oleh kamera depan dengan resolusi 2,1 megapiksel untuk video call dan foto selfie. Motorola Nexus 6 dibekali baterai berkapasitas 3220mAh.

Sedangkan Nexus 5 dibekali dengan kamera belakang resolusi 8 megapiksel menggunakan sensor 1/3.2″ dengan aperture f/2.4 yang dilengkapi dengan LED flash dan teknologi OIS untuk mencegah blurr saat memotret. Nexus 5 juga dilengkapi dengan kamera depan resolusi 1,3 megapiksel untuk video call. Nexus 5 mengusung baterai berkapasitas 2300mAh.

Konektivitas & Memori

Nexus 6 ini tersedia dalam dua varian kapasitas penyimpanan, yakni 32GB dan 64GB tanpa ketersediaan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Konektivitas smartphone Nexus 6 juga cukup lengkap dengan dipersenjatai oleh dukungan WiFi, Bluetooth, GPS/GLONASS, NFC, 4G LTE, 3G HSPA, dan port microUSB.

Nexus 5 ini tersedia dalam dua varian kapasitas memori internal, yakni 16GB dan 32GB. Kedua varian ini tidak dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Nexus 5 ini didukung oleh fitur WiFi, Bluetooth, NFC (Near Field Communications) atau Android Beam, 3G HSPA, dan 4G LTE.

Kesimpulan

Secara umum Nexus 6 menghadirkan peningkatan spesifikasi yang cukup signifikan dari Nexus 5. Tak hanya kinerja saja yang meningkat pesat, Nexus 6 juga menawarkan layar sentuh berukuran besar, sistem operasi Android 5.0 Lollipop terbaru, dan kamera yang lebih canggih. Sayangnya, harga yang ditawarkan oleh Nexus 6 ini cukup tinggi, yakni mulai $649 atau Rp 7,9 juta varian unlocked atau tanpa kontrak.

Advertisements
Ini Perbedaan Nexus 6 vs Nexus 5 | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better