Ini Penyebab Bayi Punya Harum Tubuh yang Khas

tali pusar bayi

Bayi baru lagir itu unik. Bau badannya serasa selalu wangi dan tidak seperti kebanyakan orang dewasa saat berkeringat. Wangi khas bayi ini bisa dijelaskan dari sisi ilmiah. Selain itu, wangi bayi dapat mendorong orang lain untuk tertarik mendekatinya. Tidak heran jika lantas banyak orang dewasa yang enggan berlepas saat sudah berada di samping bayi.

Dikutip laman Detik Health dan Women Health, aroma bayi kerap membuat orang yang didekatnya merasa senang. Aroma ini muncul dari kimia alami dalam tubuh yang memroduksinya lewat kelenjar keringat.

“Satu teori yaitu bahwa keinginan itu datang dari bahan kimia yang dikeluarkan dari kelenjar keringat bayi baru lahir,” kata George Preti, PhD dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia.

Teori lain menyebutkan, aroma bayi muncul dari proses metabolisme yang dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi bayi. Pada awal bayi lahir, aromanya memang menyenangkan. Tapi saat bayi sudah mendapatkan makanan tambahan pendamping ASI, aroma tubuhnya bisa berubah. Semakin beragam asupan makanannya, berpengaruh pada kekhasan bau di badan.

Namun, kata George, dapat pula sensasi aroma bayi hadi rdari lapisan puih di kulit bayi saat baru keluar dari jalan lahir. Lapisan tersebut dinamakan vernix caseosa. Aroma lapisan ini dapat bertahan lama sekalipun bayi berulang kali dimandikan.

Justru di situ manfaat aroma khas bayi. Antara ibu dan bayinya dapat terjalin keakraban dan terikat secara emosional. Ibu pun menjadi tenang pikirannya saat menghirup aroma tersebut.

Memang belum ada teori paten soal aroma bayi ini. Tapi bagaimana pun juga secara empiris bau khas dari bayi yang lahir benar-benar bermanfaat secara empiris, terutama untuk mengikatkan emosi anatara anak dan orang tuanya.

Advertisements
Ini Penyebab Bayi Punya Harum Tubuh yang Khas | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better