Ini Jenis Kista Ovarium dan Gejalanya

sakit rahim

Penyakit kista dapat tumbuh di mana saja. Pada wanita, kista yang ukurannya lumayan besar sering bersarang di organ reproduksi, seperti kista ovarium. Adanya kista membuat bagian ovarium wanita terdapat akumulasi cairan atau setengah padat yang tumbuh di permukaannya. Ovarium adalah tempat untuk menghasilkan sel telur yang diperlukan untuk terjadinya kehamilan saat bertemu sperma.

Kista ini kurang lebih sebesar kacang almond dan bisa tumbuh di ovarium kanan maupun kiri. Kista yang ada di organ reproduksi wanita terdiri dari tiga jenis yaitu kista demoid, cystadenoma, dan endometrioma. Demoid adalah tumor jinak dan jarang ditemui beruubah menjadi kanker. Isi dari kista ini adalah jaringan seperti kelenjar keringan, kelenjar sebasea, dan rambut.

Untuk cystadenomas berisi cairan encer atau lendir. Perkembangannya bisa cukup cepat di ovariuam. Sementara endometrioma adalah perkembangan endometriosis yang menjadikan sel endometrium pada rahim tumbuh di luar rahim.

Kista ovarium kerap terjadi karena gangguan siklus menstruasi dan gangguan fungsi normal dari organ reproduksi. Beberapa pemicunya adalah infeksi, tumor, peradangan kronis, keturunan, dan cacat janin. Pemeriksaan dapat diketahui dari hasil USG, rontgen, atau CT scan.

Seringkali wanita baru menyadari adanya kista setelah ukurannya membesar dan muncul gejala. Pemeriksaan alat reproduksi secara rutin sebenarnya membantu deteksi dini penyakit ini. Beberapa gejala yang muncul dari kista ovarium sebagai berikut:

  1. Nyeri panggul yang menjalat menuju punggung bawah dan paha.
  2. Nyeri panggul yang muncul saat akan datang haid atau menjelang berakhirnya haid.
  3. Nyeri panggu ketikan melakukan hubungan intim.
  4. Nyeri pada area perut sewaktu buang air besar akibat adanya tekanan di perut.
  5. Rasa mual, muntah, hingga nyeri pada payudara saat hamil.
  6. Tidak nyaman di perut seperti terasa penuh.
  7. Sering buang air kecil kalau kista menekan kandung kemih.

Advertisements
Ini Jenis Kista Ovarium dan Gejalanya | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better