Ini Janji Gatot S. Dewa Broto Jika Jadi Menkominfo

Gatot S. Dewa Broto

Nama Gatot S. Dewa Broto mulai mengapung setelah disebut-sebut bakal jadi kandidat kuat calon Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di era pemerintahan Jokowi-JK. Laiknya Onno W. Purbo yang sempat ‘berjanji’, ini yang bakal dilakukan Gatot S. Dewa Broto jika diberi amanah jadi Menkominfo.

Dalam satu sesi nterview dengan situs Merdeka, Gatot S. Dewa Broto mengatakan jika banyak infrastruktur yang masih jauh dari harapan Kemenkominfo. Sejumlah kondisi yang belum bisa dituntaskan oleh kementerian tersebut pada masa saat ini.

“Saya kira belum, masih jauh dari harapan. Contohnya kayak ICT, misalnya telekomunikasi, itukan masih sangat banyak bangunan infrastruktur yang belum direalisasikan,” kata dia.

Ia mencontohkan bagaimana ekosistem yang terjadi tatkala user menggunakan internet. Pengguna mengeluhkan soal akses terkait kecepatan serta kestabilan jaringan.

“Contoh yang paling nyata misalnya Anda menggunakan internet, itukan buffering-nya lama banget dan tingkat delay-nya tinggi banget,” lanjutnya.

Akses internet juga jadi fokus yang ia soroti. Gatot mengatakan jika peringkat Indonesia masih jauh di bawah 100 untuk akses jika dibandingkan negara Asia lain, Korea Selatan misalnya yang mampu jadi urutan pertama.

Jika jadi Menkominfo ia akan mewujudkan ‘connected-Indonesia’, Indonesia yang terhubung satu sama lain berbasis infrastruktur ICT yang handal. Masyarakat dimungkinkan tersambung dengan baik yang kemudian dimungkinkan pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok Nusantara.

Gatot juga menyinggung soal ancaman cyber yang kerap merongrong negerii ini. Menurutnya, kemenkominfo sudah cukup lama miliki rancangan Tidak Pidana Teknologi Informasi yang ingin segera dilimpahkan ke DPR yang diharapkan bisa jadi backup UU ITE.

“Adanya Undang-undang TPT, bukan berarti itu mengecilkan kemungkinan cyber-crime, tetapi kemungkinan memperkecil peluang adanya itu. Karena jeratan hukumnya menjadi lebih tinggi,” imbuhnya.

Advertisements
Ini Janji Gatot S. Dewa Broto Jika Jadi Menkominfo | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better