Ini Cara Youtube Selamatkan Industri Musik Indonesia

Youtube

Youtube bisa menyelamatkan industri musik Indonesia jika melihat bagaimana statistik ekosistem layanan berbagi video tersebut. Lewat iklan, adalah satu cara penyelamatan itu. Seperti apa?

Penikmat Youtube telah bergeser dari web ke mobile. Prosentasenya sendiri capai 40% di perangkat bergerak yang jika dibanding tahun 2011 lalu hanya sekitar 7 persen. Youtube bukan hanya beri kepuasan bagi penikmat musik namun juga pemain industri.

Diketahui jika Youtube memang hadirkan iklan di situsnya yang miliki sistem bagi hasil untuk kreator video. Terkait perihal ini, bagi perusahaan (musik) yang miliki saluran di Youtube tentu saja bisa diselamatkan akibat imbas lesunya penjualan musik ‘fisik’.

“Youtube itu merupakan income baru untuk kami. Apalagi jika perusahaan besar yang memiliki banyak saluran di Youtube. Sharing iklannya akan lebih banyak pula,” kata Aka Zakaria, Managing Director dari label Pelangi Records.

Masih menurutnya, Youtube berikan kesempatan seluas-luasnya bagi label untuk membuat saluran musik. Dari video yang ditampilkan, Youtube akan hadirkan iklan baik itu berupa banner atau sperimpose dengan hitungan bagi pendapatan.

Bahkan, Zakaria mengatakan jika kontribusi pendapatan dari iklan bisa lebih dari 10 persen. Ini berdasar estimasi pendapatan dari Youtube untuk label besar dengan katalog banyak. Jika label kecil, mungkin angkanya di bawah itu.

Advertisements
Ini Cara Youtube Selamatkan Industri Musik Indonesia | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better