Ini Bukti Ilmiah Adanya Kehidupan Setelah Mati

pengambilan nyawa

Bagi umat Islam, kehidupan setelah mati sudah diyakini keberadaanya. Namun untuk orang yang memerlukan bukti, studi dari State University of New York ini mengkin bisa menjadi petunjuk adanya dunia lain tersebut. Inilah fakta ilmiah yang menunjukkan kematian di dunia menjadi pintu awal untuk kehidupan selanjutnya.

Dalam studi ini, penelitian yang berbasis di Inggris mencoba mengamati riwayat 2.060 pasien yang memiliki penyakit jantung di 15 rumah sakit negara Amerika Serikat, Inggris, dan Austria. Studi difokuskan untuk menganalisa hal yang dirasakan pasien ketika mereka pernah mengalami kejadian meninggal menurut medis konvensional.

Dalam teori medis, orang dinyatakan meninggal sekitar 20-30 detik usai jantung tidak lagi berdetak. Pasalnya, setelah itu akan diikuti dengan kematian fungsi otak. Dengan kondisi demikian, maka seharusnya seseorang tidak akan merasakan kejadian apapun dan menyadari segala sesuatu yang dialaminya setelah itu.

Peneliti cukup terhenyak dengan hasil yang ditemukan. Pada pasien yang sempat menghadapi kondisi kematian secara medis dan ternyata setelah itu mampu “bangkit” lagi, sekitar 46 persennya merasakan ingatan semasa mereka masih hidup. Sebagian lagi, atau 9 persennya, merasakan keadaan seakan mereka sedang dihadapkan pada kejadian menjelang kematian (sakaratul maut).

Hal yang lebih menakjubkan lagi, ada 2 persen dari pasien yang mengaku melihat dan mendengar berbagai peristiwa saat secara medis fisiknya dinyatakan meninggal. Seorang pasien lainnya mengaku melihat para tenaga medis sedang berusaha membuatnya “hidup lagi” melalui penggunaan berbagai peralatan. Dan, pasien ini mengamati itu semua dari sebuah sudut ruangan kamar yang ditempatinya.

“Kita semua tahu bahwa otak tidak dapat berfungsi setelah jantung berhenti berdetak. Namun, dalam kasus ini, ingatan dan otak mereka terus bekerja selama tiga menit setelah mereka meninggal,” kata dr Sam Parnia, asisten profesor di State University of New York, seperti dikutip Tempo dari The Independent.

Kejadian ini menginformasikan kemungkinan adanya kehidupan setelah mati. Peneliti mengatakan akan membuat studi lanjutan untuk menelaah berbagai hal yang kemungkinan terjadi saat manusia meninggal.

Advertisements
Ini Bukti Ilmiah Adanya Kehidupan Setelah Mati | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better