Ini Bocoran Spesifikasi MediaTek Helio X20, Prosesor dengan 10 Core

MediaTek Helio X20MediaTek Helio X20

Belum lama ini beredar bocoran spesifikasi chipset canggih MediaTek Helio X20 MT6797 yang mengusung prosesor 10 core. Sesuai dengan kaber sebelumnya, chipset ini memadukan prosesor ARM Cortex-A53 dan ARM Cortex-A72 64-bit dengan konfigurasi big.LITTLE. Performa chipset Helio X20 ini mampu menembus angka 70 ribu poin di benchmark AnTuTu.

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa MediaTek Helio X20 ini terdiri dari tiga cluster prosesor yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A72 dengan kecepatan 2,5GHz untuk mode extreme performance, quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz untuk mode power balance, dan quad-core ARM Cortex-A53 untuk mode power efficiency.

Seperti yang kita ketahui, ARM Cortex-A72 adalah arsitektur terbaru yang diklaim memiliki kinerja 3,5x lebih cepat dibandingkan dengan Cortex-A15. Tak hanya soal performa, ARM juga telah meningkatkan efisiensi konsumsi daya Cortex-A72 dan diklaim menggunakan daya 75% lebih sedikit dibandingkan dengan Cortex-A15 pada beban tugas yang sama.

MediaTek Helio X20

Sedangkan ARM Cortex-A53 memiliki kinerja yang lebih rendah dan konsumsi daya yang lebih rendah pula dari Cortex-A72. Sayangnya, tak diketahui grafis apa yang digunakan pada chipset MediaTek Helio X20 ini. Kombinasi 10 core yang diusung oleh chipset tersebut mampu menghasilkan kinerja yang dapat mengimbangi Tegra X1.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, 10 core untuk apa? MediaTek berkeyakinan bahwa pengguna smartphone dan tablet di masa mendatang membutuhkan perangkat yang handal untuk multitasking. Hal ini hanya bisa diakomodasi oleh prosesor dengan banyak core, seperti yang dilansir dari Liliputing (21/04/2015).

Namun, penambahan jumlah core dalam prosesor memang akan meningkatkan kinerja multitasking, tetapi hal ini masih belum optimal jika tidak mendapat dukungan dari optimasi sistem operasi dan aplikasi. Saat ini rata-rata aplikasi dan sistem operasi mobile hanya dapat memanfaatkan satu atau dua core prosesor dan beberapa diantaranya mampu memanfaatkan quad-core.

Advertisements
Ini Bocoran Spesifikasi MediaTek Helio X20, Prosesor dengan 10 Core | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better