Ini Bahaya Bersama Orang Merokok Dalam Satu Mobil

rokok di mobil

Bagi perokok aktif, meninggalkan aktivitas merokok untuk sementara waktu mungkin hal yang sulit. Tidak heran saat mengemudikan mobil pun dibarengi dengan hisapan dan hembusan asap rokok. Namun pahamkah Anda? Ternyata sekalipun jendela di buka hingga sebagian asap keluar dari dalam mobil, tidak lantas membuat penumpang di dalamnya selamat dari racun rokok.

Hal ini ditemukan oleh peneliti dari Universitas California. Mereka mendapati bahwa penumpang yang pergi bebarengan dengan orang merokok di dalamnya, akhirnya turut menjadi perokok pasif. Penumpang yang tidak merokok secara aktif menerima paparan zat karsinogenik dan zat racun lainnya yang akan merugikan kesehatan baik dalam jangka pendek atau panjang.

Studi juga menemukan penumpang yang menjadi perokok pasif dan menghisap asap dari tiga puntung rokok milik perokok aktif, diketahui mengalami peningkatan signifikan terhadap racun di tubuhnya. Inilah yang kemudian memunculkan kesimpulan bahwa berada satu mobil dengan orang yang merokok adalah hal yang merugikan kesehatan.

“Hasil studi itu dengan jelas menunjukkan bahwa setiap orang, terutama anak-anak, harus dilindungi agar tidak menjadi perokok pasif di dalam kendaraan,” kata ketua peneliti Dr.Gideon St.Helen, seperti dikutip Kompas.

Dalam studi dilibatkan 14 orang yang tidak merokok dan dikondisikan berada dalam satu mobil dengan sopir yang merokok. Mereka bersama selama satu jam hingga akhirnya sopir telah menghabiskan tiga batang rokok. Untuk kondisi jendela, masing-masing dibuka kurang lebih empat inci. Lalu, setiap penumpang diambil sampel urinnya setelah 8 jam kemudian.

Ternyata, dari sampel urin ditemukan konsentrasi tinggi beberapa racun rokok. Contohnya butadiene, arcylonitrile, benzene, methylating agent, dan ethylene oxide. Semua racun ini kalau masuk ke tubuh dapat memicu pertumbuhan sel kanker, penyakit paru, hingga masalah jantung.

Advertisements
Ini Bahaya Bersama Orang Merokok Dalam Satu Mobil | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better