Ini Alasan Pemerintah Tak Kunjung Terapkan 4G LTE di Indonesia

4G LTE

Indonesia jadi salah satu negara yang masih belum adopsi teknologi penuh 4G LTE (Long Term Evolution). Jika semua operator seluler nyatakan siap, mengapa pemerintah belum bersikap? Ini alasannya.

Satu penyebab utama terganjalnya 4G LTE yakni belum adanya regulasi soal penggunaan bagi operator seluler. Mereka pengambil kebijakan mengaku ada sejumlah hal yang kudu dipersiapkan sebelum mengkomersilkan teknologi tersebut secara massal.

“Masih banyak yang harus disiapkan sebelum kita buka keran akses bisnis berbasis 4G LTE di Indonesia,” kata M. Ridwan Effendi, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Ia melanjutkan jika persiapan itu terkait penataan ulang frekuensi yang dimiliki operator. Saat ini, BRT sendiri sedang lakukan upaya agar saat 4G LTE digelar kesemuanya bisa berjalan lebih efektif.

Ridwan juga menyinggung soal blok frekuensi yang dimiliki tiap operator menjadi satu dari sekian bagian penting penerapan 4G LTE. Jika penataan ulang telah diselesaikan, ia berjanji jika pihaknya terkait regulasi 4G LTE akan jadi isu yang segera selesai.

“Penataan ulang frekuensi itu penting karena untuk 4G sebaiknya blok frekuensi yang dimiliki tiap operator harus berurutan, sekarang itu masih belum rapih,” imbuh Ridwan.

Ketika di era Tifatul Sembiring, aturan 4G LTE telah dibuat. Sehingga rancangan ini telah ada sejak beberapa tahun lalu. Namun, ketika Menkominfo berganti, sayangnya perihal regulasi 4G LTE ini tidak kunjung mengapung di permukaan.

Advertisements
Ini Alasan Pemerintah Tak Kunjung Terapkan 4G LTE di Indonesia | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better