Ini Alasan Hipertensi Bisa Memicu Serangan Jantung

Serangan Jantung

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah gangguan kesehatan yang memengaruhi berbagai bagian organ tubuh lainnya. Telah lama hipertensi dikaitkan dengan serangan jantung, stroke, diabetes, hingga gagal ginjal. Oleh sebab itu para penderita disarankan untuk sellau mengontrol pergerakan nilai tensinya secara rutin. Makin tinggi nilai tekanan darahnya, kemungkinan hadirnya risiko penyakit lain juga meningkat.

Mari lebih detil mencermati pengaruh hipertensi pada kesehatan jantung. Hipertensi memiliki pengaruh awal pada beberapa organ dengan merusaknya lebih dahulu. Penyakit ini menyerang pembuluh darah yang berada dari kepala sampai kaki. Jika tekanannya meningkat maka memengaruhi kerja organ. Jantung adalah organ yang paling kerap mendapatkan efek sampingnya.

Dikutip dari CNN Indonesia, kerja utama jantung adalah memompa darah agar terdistribusi ke seluruh bagian tubuh. Dalam darah terkandung oksigen dan “makanan” yang diperlukan setiap jaringan yang ada di badan. Jika hipertensi terjadi, maka kerja jantung menjadi lebih keras. Beban yang tinggi tersebut tak ayal menimbulkan efek samping berupa peningkatan denyut jantung.

Jantung terdiri dari rangkaian otot-otot. Seperti halnya orang yang sering melatih ototnya dengan keras melalui latihan alat beban di gym, otot di jantung juga bisa membesar karena terlalu kuat kerjanya. Pembesaran otot jantung jika dibiarkan, maka kelamaan dapat menjadi kaku dan bengkak. Inilah yang kemudian memicu hadirnya gagal jantung atau sering disebut serangan jantung. Lebih berisiko lagi jika penderita juga memiliki sumbatan plak kolesterol di pembuluh darahnya., karena bisa memicu serangan jantung koroner.

“Itu harus distop, jangan sampai mengalami penebalan seperti itu,” kata Siska. Nanti kalau jantungnya makin lama bengkak, sesak napas, gagal jantung akhirnya,” kata Siska S. Danny, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.

Jika saat ini Anda memiliki risiko hipertensi, segera rawat diri sendiri dengan menjalankan gaya hidup sehat. Hipertensi dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat, menghindari makanan berlemak, hingga berolahraga.

Advertisements
Ini Alasan Hipertensi Bisa Memicu Serangan Jantung | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better