Ini Alasan 22 Situs Islam Radikal Diblokir

Internet Blokir

Kabar pemblokiran 22 situs Islam radikal jadi topik yang masif diperbincangkan dalam dua hari terakhir. Masih jadi pertanyaan besar apa alasan sesungguhnya pemblokiran itu dan apa kriteria situs web yang pantas kena blokir.

Setelah menerima permintaan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) langsung bergegas memberantas situs-situs yang dianggap Islam radikal. Satu alasan pasti mengapa sejumlah website “dibredel” karena adanya pengaduan dari masyarakat.

Demikian penuturan Kepala BNPT Komisaris Jenderal Saud Usman Nasution yang dikutip dari laman Detik, Selasa (31/3). Dari laporan ini Tim Media Cyber BNPT kemudian melakukan kajian pada situs-situs yang diadukan oleh warga.

“Hasil penelitian tim kami menyimpulkan bahwa ada beberapa web yang nyata-nyata mengajarkan jihad dan paham radikal dan menyebarkan isu SARA,” ungkap Saud.

Ditambahkannya, sejumlah situs selain mengajarkan paham radikal juga mengajak mengkafirkan orang yang tidak sepaham. Terkadang, di bagian awal artikel yang dipublikasikan adalah sesuatu yang baik. Akan tetapi, pada bagian tengah diselipkan ajaran radikal yang merujuk pada ajakan melakukan teror.

“Ada ajakan melakukan jihad keras sehingga kami usulkan untuk diblok,” imbuhnya.

Pemblokiran ini sebagai langkah pencegahan untuk tumbuh dan berkembangnya aksi terorisme. Aksi ini disadari Saud pasti akan menimbulkan pro dan kontra. Ia siap menjelaskan kepada masyarakat apabila diperlukan. Bahkan, BNPT siap pula untuk menguji kesimpulan atas usul pemblokiran ini.

Advertisements
Ini Alasan 22 Situs Islam Radikal Diblokir | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better