Ini Akibat Buruk dari Tidur Malam Terlalu Lama

Banyak Tidur

Durasi tidur paling baik adalah sesuai porsinya. Jika diangkakan, maka disarankan tidur malam selama 6-8 jam setiap hari. Kebiasaan berlebihan atau kurang waktu tidur sama-sama memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari laman Times of India, berikut beberapa masalah yang timbul karena kelebihan tidur:

Meningkatkan risiko depresi. Ini terlihat dari hasil penelitian di tahun 2014 yang dilakukan pada peserta orang kembar berusia dewasa. Mereka yang tidur malam selama 9 jam atau lebih memiliki risiko depresi hingga 49 persen. Sementara yang tidur antara 7-8 jam memiliki risiko depresi hanya 27 persen.

Wanita menjadi sulit hamil. Studi di tahun 2013 di Korea menemukan, wanita yang tidur 9-11 jam diketahui mengalami perubahan dalam ritme sirkadian, sekresi hormon, dan siklus menstruasi. Dari 650 wanita yang menjadi peserta studi, mereka yang tidur 7-8 jam setiap hari lebih berpeluang hamil lebih tinggi ketimbang wanita yang tidur 9-11 jam per hari.

Merusak otak. Orang yang terbiasa tidur berlebihan bisa memiliki penurunan pada fungsi otaknya. Ini terlihat dari hasil studi di tahun 2012 pada wanita lansia. Mereka yang tidurnya lebih dari 9 jam setiap malam atau kurang dari 5 jam diketahui memiliki perubahan penurunan fungsi di otak mereka sebanding dengan penuaan selama 2 tahun.

Meningkatkan risiko diabetes. Baik berlebihan atau kekurangan waktu tidur dapat mengembagkan penyakit diabetes. Kebiasaan tidur lebih dari 8 jam dapat meningkatkan risiko diabetes dalam periode 6 tahun dibanding mereka yang hanya tidur 7-8 jam setiap malamnya. Selain itu, berat badan juga cenderung meningkat akibat penambahan nafsu makan.

Meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebuah studi menemukan bahwa tidur lebih dari 8 jam atau lebih membawa masalah bagi jantung dengan meningkatnya risiko penyakit arteri koroner dan angina.

Advertisements
Ini Akibat Buruk dari Tidur Malam Terlalu Lama | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better