Ini 4 Cara Mudah Ketahui Madu Asli Atau Palsu

madu asli

Untuk mengetahui bahwa madu yang dijual di pasaran adalah asli atau palsu memang tak mudah. Sebagian penjual curang ada yang mencampur madu dengan gula sehingga manfaatnya kurang maksimal bagi kesehatan. Untuk itu ada beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah madu yang Anda beli adalah yang asli, atau bukan.

Laman Boldsky membocorkannya untuk Anda seperti berikut ini:

Tes air

Ini salah satu cara efektif untuk menguji keaslian madu Anda. Ambil satu sendok madu, lalu masukkan dalam segelas air. Jika madu melarut bersama air, maka itu tanda ia tak murni. Madu asli akan tetap menggumpal dan tak larut walau dimasukkan dalam air sekalipun.

Tes api

Madu asli mudah terbakar, jadi Anda harus berhati-hati jika melakukan tes ini. Ambil lilin, dan teteskan madu di sumbu lilin. Kemudian bakar sumbu tersebut. Jika api menyala dengan mudah, maka itu tanda madu Anda asli. Jika sulit, berarti ada banyak kandungan air di dalam madu Anda.

Tes kertas

Sediakan selembar kertas untuk melakukan pengujian. Teteskan madu di atas kertas tersebut. jika terdapat resapan pada kertas, atau ada rembesan di balik kertas, maka ada kandungan zat lain di dalam madu. Madu asli tak akan merembes di kertas.

Tes Kain

Teteskan madu di atas kain. Madu tak murni akan meresap di kain tersebut, sedangkan madu murni akan tetap berada di atas kain, tidak meresap. Selamat mencoba.

Advertisements
Ini 4 Cara Mudah Ketahui Madu Asli Atau Palsu | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better