Indonesia Negara Nomor 1 Paling Banyak Mendapat Serangan Cyber

Cyber

Menurut data ‘Indonesia Cyber Crime Summit’ di Institut Teknologi Bandung (ITB) pekan lalu, Indonesia menempati urutan teratas negara di dunia yang paling banyak mendapatkan serangan cyber di dunia maya. Apa penyebabnya?

Dimitri Mahayana, Direktur Lembaga Riset Telematika Sharing Vision lakukan penelitian pada tahun 2013 mengatakan jika Indonesia menerima 42.000 serangan di jagat maya per hari. Aksi ini menurutnya bisa merongrong keamanan perusahaan dan negara.

Ia melanjutkan, adanya kerentanan yang perlu diperbaiki diantaranya soal penegakan hukum, regulasi undang-undang, serta pembentukan badan khusus pemantau pergerakan jalur internet.

“Jalur masuk Internet sebaiknya dibatasi, karena tanpa ada pembatasan jalur masuk sangat sulit untuk memonitor,” kata dia.

Kurdi Nantasyarah, Tenaga Ahli Bidang Iptek Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) menambahkan jika saat ini Indonesia hanya miliki satu undang-undang yang mengatur tentang kejahatan di dunia maya.

Regulasi itu menurutnya perlu direvitalisasi dan butuh adanya upaya lain dengan pembentukan badan khusus yang menangani kejahatan dunia maya. Sebab, kesadaran nasional terhadap kejahatan di jagat ini masih tergolong sangat rendah.

“Di Amerika ada badan khusus, di Rusia, di China juga, India pun punya badan khusus. Dan dari badan-badan khusus yang ada di negara itu maka kita pernah mendengar yang namanya Cyber Army,” imbuhnya.

Bagaimana dengan kepolisian? Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Kabareskrim Polri, Brigjen Polisi Kamil Razak selama ini alami kendala terkait masalah tersebut. Satu penyebabnya yakni keterbatasan jumlah personil dan anggaran yang diberikan negara guna memberantas kejagatan di dunia maya.

Advertisements
Indonesia Negara Nomor 1 Paling Banyak Mendapat Serangan Cyber | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better