Indonesia Dinilai Siap Gelar 4G LTE

Internet Ngebut

Indonesia dinilai siap untuk menggelar teknologi 4G baik itu berbasis Frequency Division Duplexing Long Term Evolution (FDD-LTE) atau Time Division Duplex-Long Term Evolution (TDD LTE). Demikian ungkap CEO Huawei Indonesia Sheng Kai.

Ia menuturkan jika 4G bisa membuat operator seluler di Indonesia memenuhi kebutuhan dan mengisi kesenjangan digital serta hasilkan pendapatan baru. Menurutnya, mobile broadband di Tanah Air bergerak menuju era digital.

Tiap tahunnya lalu lintas data alami pertumbuhan berlipat ganda serta komposisi pelanggan data saat ini hampir setengah pelanggan layanan telekomunikasi. Peluang pasar Indonesia, kata Mohamad Rosidi, khusus layanan digital sangatlah tinggi.

“Ini disebabkan kontribusi masyarakat kelas baru yang bersedia membayar lebih untuk kualitas yang lebih baik,” tambah General Manager Solution Consulting Huawei Tech Investment itu.

Lantas mengapa Indonesia dinilai telah siap? Parameter untuk menentukan siap atau tidaknya sebuah negara bisa dilihat dari tingkap pengadopsian smartphone bila telah mencapai penetrasi 30 persen. Sebab, itu bisa dikatakan jika pasar butuh layanan data cepat.

“Saat pasar telah memakai smartphone sekitar 10%-30% maka asumsinya masyarakat telah sadar kebutuhan layanan data cepat. Indonesia sekarang sudah punya 27% pengguna smartphone di pasar ponsel, maka sudah sangat layak untuk gelar LTE,” imbuh Rosidi.

Ini belum ditambah faktor pendukung lain seperti pertumbuhan kelas menengah yang menjanjikan. Mereka bersedia membayar lebih guna kualitas layanan yang lebih baik. 4G LTE tawarkan sejumlah layanan yang lebih kompleks terkait kecepatan, konektivitas, layanan digital, serta pengalaman aplikasi yang lebih baik.

Advertisements
Indonesia Dinilai Siap Gelar 4G LTE | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better