Indonesia Bisa Saksikan Gerhana Bulan pada 15 April 2014

Warga Indonesia akan dapat menikmati gerhana bulan total pada 15 April mendatang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan sebagian besar wilayah Indonesia akan dapat menyaksikan proses gerhana bulan tersebut.

gerhana-bulan

“Gerhana ini dapat diamati dari wilayah Indonesia kecuali Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat dan Sumatera,” ucap Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Jakarta. Namun ia menjelaskan bahwa Indonesia hanya akan dapat mengamati bagian akhir dari keseluruhan proses gerhana.

Pada gerhana total, bulan akan tepat berada pada bayangan inti yang di bagian tengah sangat gelap pada saat gerhana terjadi (umbra). Sehingga gerhana total itu akan membuat bulan berwarna kemerahan seperti darah.

Gerhana bulan total ini juga akan bisa diamati dari Afrika bagian barat, Eropa bagian barat dan Samudera Atlantik. Namun secara keseluruhan, proses kejadian lengkapnya dapat diamati dari Amerika Selatan bagian barat dan Amerika Utara serta Samudera Pasifik bagian timur. Sayangnya, daerah Asia, Afrika bagian timur dan Eropa bagian timur tidak bisa menyaksikan proses keseluruhannya.

Sepanjang tahun 2014 diperkirakan akan terjadi empat kali gerhana. Gerhana bulan total 15 April, gerhana matahari cincin 29 April, gerhana bulan total pada 8 Oktober diakhiri gerhana matahari sebagian 23 Oktober.

SilangHati: Berita

Advertisements
Indonesia Bisa Saksikan Gerhana Bulan pada 15 April 2014 | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better