IBM Bayar Global Foundries 18 Triliun untuk Ambil Alih Bisnis Manufaktur Chip

IBMIBM

IBM dan Global Foundries secara resmi telah mengumumkan bahwa Global Foundries akan mengambil alih bisnis manufaktur chip milik IBM secara gratis. Tak hanya itu, IBM juga membayar Rp 18 triliun pada Global Foundries sebagai bagian dari kesepakatan tersebut. Selama ini bisnis manufaktur chip IBM dianggap tak lagi menguntungkan.

Selain mendapatkan bisnis manufaktur chip gratis dan dana segar senilai Rp 18 triliun, Global Foundries juga menjalin kerjasama dengan IBM selama 10 tahun sebagai manufaktur prosesor IBM PowerPC secara eksklusif dengan teknologi litografi 22nm, 14nm, dan 10nm. Tak hanya itu, Global Foundries juga mendapat akses paten yang dimiliki oleh IBM.

“Sementara IBM memiliki teknologi kelas dunia dan kekayaan intelektual, perusahaan telah kekurangan skala. Sebagai bisnis subskala, bisnis IBM mikroelektronik telah mengalami kerugian,” menurut rilis resmi IBM.

Seperti yang kita ketahui, Global Foundries adalah perusahaan yang dimiliki oleh badan investasi pemerintah Abu Dhabi yang terbentuk dari pemecahan fasilitas produksi chip yang dimiliki oleh Advanced Micro Device (AMD) pada tahun 2009 lalu. Global Foundries dipandang cocok untuk mengambil alih bisnis manufaktur chip IBM.

Awalnya bisnis manufaktur chip milik IBM bukanlah sasaran akuisisi oleh Global Foundries karena telah mengalami kerugian. Namun IBM kemudian mendekati Global Foundries dan menawarkan bisnis tersebut secara gratis. Bahkan IBM membayar Global Foundries senilai $1,5 miliar atau setara Rp 18 triliun.

Tawaran ini tentunya sangat menggiurkan dan Global Foundries memutuskan untuk mengambil tawaran tersebut. Seperti yang dilansir dari Toms Hardware (20/10/2014), pengambilalihan bisnis chip IBM oleh Global Foundries akan selesai pada 2015 mendatang.

Advertisements
IBM Bayar Global Foundries 18 Triliun untuk Ambil Alih Bisnis Manufaktur Chip | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better