HP Pecah Menjadi Dua: Hewlett-Packard Enterprise dan HP Inc

HP

HP atau Hewlett Packard akhirnya pecah menjadi dua perusahaan, yakni Hewlett-Packard Enterprise dan HP Inc. Kedua perusahaan ini akan bergerak di segmen pasar yang berbeda. Hewlett-Packard Enterprise akan bergerak di segmen bisnis yang menawarkan solusi perangkat lunak dan layanan lainnya. Sedangkan HP Inc. akan menangani pasar konsumer dengan produk PC dan printer.

Pucuk pimpinan Hewlett-Packard Enterprise dijalankan oleh Meg Whitman, sedangkan HP Inc. akan dipimpin oleh Dion Weisler yang saat ini menjabat sebagai kepala PC dan Printer di HP. Keputusan untuk memecah perusahaan menjadi dua ini sebenarnya telah melalui perdebatan yang cukup panjang dan melibatkan banyak petinggi perusahaan tersebut.

HP sebelumnya telah mengambil kebijakan untuk memangkas karyawan sebanyak 36 ribu orang dan setelah memecah perusahaan, HP akan memangkas lagi sekitar 55 ribu karyawan. Hewlett-Packard Enterprise mampu membukukan pendapatan hingga $58,4 miliar dengan laba usaha sebesar $6 miliar. Sedangkan HP Inc. dapat membukukan pendapatan $57,2 miliar dengan laba $5,4 miliar.

“Berita itu menggarisbawahi keyakinan kami bahwa HP dan CEO Whitman merasa semakin tidak nyaman dengan status quo dan percaya bahwa perombakan / perubahan di HP diperlukan ke depan. Sementara di satu sisi keinginan untuk mendorong perubahan dan penciptaan nilai tambahan positif, di sisi lain, potensi pemecahan didorong oleh kelemahan di HP,” kata Toni Sacconaghi, analis dari Stanford C. Bernsstein.

Keputusan untuk memecah perusahaan menjadi dua akan membawa beberapa keuntungan bagi HP, salah satunya adalah masing-masing perusahaan akan dapat lebih fokus menggarap segmen pasarnya dan dapat bertindak lebih cepat dalam persaingan.

Seperti yang dilansir dari BusinessWeek (06/10/2014), Hewlett-Packard Enterprise akan bersaing dengan raksasa IBM dan Oracle. Sedangkan HP Inc. akan fokus menggarap pasar PC dan printer untuk konsumen.

Advertisements
HP Pecah Menjadi Dua: Hewlett-Packard Enterprise dan HP Inc | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better