Hobi dan Koleksi Gitar? Simak Tips Memilih Gitar Akustik Berikut Ini

Apabila kamu seorang yang menyukai kegiatan bermusik, wajar jika kamu hobi dan koleksi banyak gitar di rumah. Gitar memang menjadi salah satu alat musik yang terbilang mudah dipelajari. Lebih dari itu suara yang dihasilkan oleh alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini sangat memanjakan telinga.

Jenis gitar yang biasa digunakan oleh pelaku musik adalah gitar akustik dan gitar elektrik. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Salah satu jenis gitar yang hingga hari ini masih memiliki banyak peminat adalah gitar akustik. Yup, gitar akustik ini bisa dibilang sebagai salah satu alat musik yang diciptakan oleh tangan dan ide kreatif manusia serta menghasilkan suara paling indah.

Memilih Gitar Akustik yang Bagus

Tips Memilih Gitar Akustik

Perlu diketahui bahwa pembuatan gitar akustik ini melalui banyak pertimbangan. Mulai dari pemilihan jenis kayu yang digunakan, komponen hardware hingga elemen desain yang dipilih. Mungkin keunggulan gitar inilah yang menjadi salah satu alasan kamu menekuni hobi dan koleksi gitar akustik.

Nah, lantas apa saja tips memilih gitar akustik yang bisa kamu lakukan? Berikut ulasan lengkapnya.

Tentukan Anggaran

Membeli barang apapun, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan anggaran. Sama seperti ketika kamu berencana membeli gitar. Hal ini bertujuan agar kamu lebih mudah memilih gitar yang akan dibeli.

Tentukan jenis kayu gitar akustik

Sebelum membeli gitar, kamu memang disarankan untuk mencari informasi tentang gitar akustik itu sendiri. Termasuk mencari informasi mengenai jenis kayu yang biasa dimanfaatkan sebagai bodi gitar akustik. Usahakan untuk memilih gitar akustik yang bodi dan necknya terbuat dari jenis kayu yang sama.

Jenis kayu yang sering dimanfaatkan sebagai bahan gitar adalah kayu spruce, mahony, nato, rosewood dan lainnya. Bahan kayu ini berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan gitar, jadi penting pula untuk memilih bahan gitar yang berkualitas.

Tentukan jenis senar gitar akustik

Jenis senar yang biasa disematkan pada gitar akustik adalah senar steel dan nylon. Apabila kamu lebih menyukai hobi dan koleksi gitar untuk musik klasik, maka disarankan memilih gitar dengan senar nylon. Namun apabila kamu lebih suka bermain gitar dengan banyak melodi, gitar dengan senar steel bisa menjadi pilihan.

Menentukan bentuk gitar

Bentuk gitar yang dimaksud pada poin ini adalah kesesuaian antara ukuran gitar dengan ukuran tubuh kamu. Hal ini penting untuk diperhatikan karena ukuran gitar yang tidak sesuai dengan ukuran tubuh akan membuat kamu tidak nyaman ketika memegang dan memainkannya.

Apabila kamu memiliki ukuran tubuh yang mungil, sebaiknya memilih gitar yang ukurannya kecil. Sebaliknya, jika kamu memiliki ukuran tubuh yang besar, maka memilih gitar berukuran besar juga lebih disarankan.

Tes suara gitar

Setelah melakukan tips-tips di atas, langkah yang tidak boleh dilewatkan adalah mengetes suara gitar akustik yang akan dibeli. Ya, jangan sampai kamu mengabaikan poin penting ini agar bisa mendapatkan gitar yang berkualitas. Sebelum memutuskan untuk membelinya, usahakan untuk cek senar gitar satu per satu untuk memastikan bahwa tidak ada nada yang fals.

Demikianlah 5 tips memilih gitar akustik yang bisa kamu terapkan ketika berencana menambah gitar untuk mendukung hobi dan koleksi gitar akustik di rumah. Apabila sudah memiliki gambaran jenis gitar akustik yang akan dibeli, sekarang saatnya kamu meluncur ke situs Bukalapak untuk membelinya. Di sana terdapat banyak pilihan jenis gitar akustik lengkap dengan pilihan harga gitar yang bisa disesuaikan dengan budget kamu.

Advertisements
Hobi dan Koleksi Gitar? Simak Tips Memilih Gitar Akustik Berikut Ini | Hibran Mus | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better