Hindari Kanker Bisa dengan Rajin Menyikat Lidah

sikat lidah

Menyikat lidah mungkin belum jadi kebiasaan banyak orang, namun manfaat dari kegiatan ini banyak. Sebenarnya tak ribet, kok. Anda hanya perlu memiliki sikat gigi khusus yang juga mempunyai alat untuk membersihkan lidah, atau ada pula yang menjual alat penyikat lidah di apotek. Lakukan seeusai menyikat gigi, dan manfaatnya bisa dirasakan dalam waktu lama.

Apa manfaat membersihkan lidah? Selain membuang sisa makanan yang menempel di permukaan lidah, kegiatan ini juga akan menangkal tumbuhnya candidodis (lapisan putih) di permukaan lidah, bahkan juga mencegah kanker.

Prof. Dr. drg. Melanie S. Djamil, MBiomed FICD Lab BioCORE menyatakan hal tersebut seperti dilansir oleh laman Okezone.

Ia menyebut bahwa di dalam rongga mulut, bukan hanya gigi yang perlu dibersihkan. Namun juga lidah, mukosa (langit-langit), juga gusi. Saat makan seluruh rongga mulut juga terkena makanan yang masuk, bukan?

“Lidah memiliki bulu halus yang bisa dilihat mikroskop yang berfungsi sebagai sensor pengecap. Jadi bayangkan, kalau tidak dibersihkan, kita akan kehilangan rasa dan risiko penyakit berbahaya,” terangnya.

Kebersihan lidah yang terabaikan selama bertahun-tahun bisa memicu berbagai penyakit, bahkan juga kanker. Lagi pula kotoran yang menumpuk di lidah juga bisa memicu bau mulut. Jadi luangkan waktu Anda sejenak untuk sekedar membersihkan bagian permukaan lidah agar kesehatan terjaga.

Advertisements
Hindari Kanker Bisa dengan Rajin Menyikat Lidah | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better