Hilangnya Hashtag #ShameOnYouSBY Murni Karena Algoritma Twitter?

#ShameOnYouSBY

Hilangnya tagar #ShameOnYouSBY masih jadi misteri. Apakah hashtag tersebut lenyap karena tidak tren lagi atau sengaja dilenyapkan. Ada sejumlah teori yang mencoba menganalisa hilangnya tagar tersebut. Berikut sejumlah analisa yang ada.

Tren melorot

Pengamat media sosial Nukman Luthfie menyebut jika algoritma tren di Twitter bukan berdasar jumlah kuantitas kicauan namun lonjakan cepat pada waktu tertentu. Menurutnya, tagar #ShameOnYouSBY memang masih banyak dikicaukan namun trennya mulai melorot.

“Kemarin tak melonjak lagi angkanya, wajar hilang dari TT (trending topic). Karena trennya melorot meski jumlah tweet-nya banyak,” kata penikmat kopi hitam itu, Detik melansir Senin (20/9).

Perubahan dan peningkatan, bukan volume

Di laman FAQ situs Twitter tertulis jika algoritma tren populer dibuat berdasar perubahan dan peningkatan bukan berdasar volume atau jumlah yang memperbincangkan. Twitter menulis jika tren yang ditampilkan berdasar algoritmanya dinilai berdasar akun siapa yang diiukuti serta lokasinya.

Twitter kemudian mendeteksi topik yang mendadak populer alih-alih topik yang telah populer sejak lama dan ada dalam keseharian. Dengan algoritma tersebut Twitter akan hadirkan topik yang sedang berkembang dan diperbincangkan di linimasa.

Hanya dua hari

Bisa jadi #ShameOnYouSBY yang populer selama dua hari tidak dinilai Twitter jadi sesuatu yang baru nan melonjak dan diperbincangkan khlayak umum. Kemudian tagar #ShameByYou mendadak populer selepas #ShameOnYouSBY hilang. Hashtag tersebut miliki alur tren yang serupa dengan apa yang terjadi dengan #ShameOnYouSBY.

Advertisements
Hilangnya Hashtag #ShameOnYouSBY Murni Karena Algoritma Twitter? | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better