Guru Bangsa Tjokroaminoto, Film Biopik ‘Tjokro’ Dibintangi Reza Rahadian

cokro 2

Setelah sukses memerankan Habibie dan mengantarkan ‘Habibie Ainun‘ sebagai film Indonesia kedua terlaris sepanjang sejarah, Reza Rahadian bulan depan kembali dengan film biopik terbaru tentang tokoh penting bangsa ini lainnya.

Aktor terbaik FFI tahun 2010 ini akan bertransformasi menjadi Tjokroaminoto dalam film biopik berjudul ‘Guru Bangsa Tjokroaminoto‘.

Film ‘Tjokro’ digarap oleh Sutradara kawakan yang telah menghasilkan belasan film Indonesia berkualitas, Garin Nugroho (Soegija).

Reza akan beradu akting dengan Chelsea Islan, Deva Mahendra, Dewi Umaya Rachman, Sabrang Mowo Damar Panuluh, Nayaka Untara, Ari Syarif, serta bintang senior seperti Christine Hakim dan Didi Petet.

Film ‘Guru Bangsa Tjokroaminoto’ mengisahkan tentang kehidupan Oemar Said Tjokroaminoto (Tjokto) yang lahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang kuat. Ia tidak diam saja melihat kondisi kemiskinan rakyat dan kesenjangan sosial selepas Tanam Paksa dan awal Politik Etis sekitar tahun 1900. Ia berani meninggalkan status kebangsawanannya dan bekerja sebagai kuli pelabuhan.

Tjokro berjuang dengan membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumiputera pertama terbesar, yang mempunyai sampai dua juta anggota. Ia berjuang untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera yang terjajah. Perjuangan ini menjadi awal lahirnya tokoh dan gerakan kebangsaan.

Tjokro adalah intelektual, pandai bersiasat, mempunyai banyak keahlian, termasuk jago silat, ahli mesin dan hukum, penulis surat kabar yang kritis, orator ulung yang mampu menyihir ribuan orang, membuat pemerintah Hindia Belanda khawatir, dan bertindak untuk menghambat laju gerak Sarekat Islam. Perjuangan Tjokro lewat organisasi Sarekat Islam juga terancam oleh perpecahan dari dalam organisasi itu sendiri.

Rumah Tjokro di Gang Peneleh, Surabaya, terkenal sebagai tempat bertemunya tokoh-tokoh bangsa Indonesia kelak. Di rumah sederhana yang berfungsi sebagai rumah kos yang dikelola oleh istrinya, Suharsikin, Tjokro mempunyai banyak murid muda yang kemudian mempunyai jalan perjuangannya masing-masing, meneruskan cita-cita Tjokro: bangsa bermartabat, terdidik, dan sejahtera. Salah satu muridnya di Peneleh adalah proklamator kemerdekaan Indonesia, Soekarno

Guru Bangsa Tjokroaminoto bisa Anda saksikan di bioskop mulai tanggal 9 April 2015. Berikut trailernya yang menggugah :

cokro

Advertisements
Guru Bangsa Tjokroaminoto, Film Biopik ‘Tjokro’ Dibintangi Reza Rahadian | Hibran Mus | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better