Google Waze Pantau Lalu-lintas Jakarta, Ahok: DKI Menghemat Triliunan Rupiah

Waze

Google Waze dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta lakukan kerja sama perihal transfer data terkait trafik lalu-lintas. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama berujar jika kemitraan ini bisa menghemat anggaran APBD hingga triliunan rupiah.

Google Waze – sebelumnya Waze – adalah media sosial berbasis lokasi khususnya trafik lalu-lintas yang berdasar laporan warga. Kini dimiliki Google, Google Waze kian canggih sebab didukung penuh dengan teknologi canggih milik Google di fitur-fitur terkait.

Ahok menghimbau PNS DKI Jakarta untuk benamkan aplikasi Google Waze ke ponsel cerdas mereka. Mandat ini sesuai dengan kemitraan yang terjadi antara Pemprov DKI Jakarta bersama aplikasi navigasi itu. Menurut mantan Bupati Belitung itu, Jakarta sangat diuntungkan atas kemitraan ini.

“Saya pikir (kerja sama) ini bisa diuntungkan ya, ada 10 kota di dunia, termasuk Jakarta, yang bisa saling dapat informasi. Jadi, kami enggak perlu bangun ITS (intelligent traffic system) Dishub DKI sampai menghabiskan (anggaran) bertriliun-triliun rupiah,” tandas pria berkacamata itu.

Teknologi ITS sendiri digagas oleh gubernur era sebelum Jokowi, Fauzi Bowo yang miliki segudang manfaat. Sebut saja menginformasikan kedatangan bus Transjakarta. Ada tiga sub-sistem ITS yakni BTS, ACTS, dan TIS.

BTS atau Bus Tracking System guna melacak Transjakarta. ATCS mengatur arus lalu-lintas jalan di Ibu Kota dan TIS untuk memberi petunjuk kepada pengguna jalan jika ada kendala di jalanan. Misalkan saja pohon tumbang atau kecelakaan di jalan raya.

“Pas saya pertama kali masuk ke sini, DKI mau membangun sistem teknologi ITS yang menghabiskan triliunan rupiah. Ini ada program gratis Waze, tinggal langsung download aplikasinya saja,” kata Ahok.

Advertisements
Google Waze Pantau Lalu-lintas Jakarta, Ahok: DKI Menghemat Triliunan Rupiah | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better