Google Menyimpan Data Aktifitas yang Anda Lakukan di Internet

Google

Telah jadi rahasia umum jika Google menyimpan aktivitas internet user. Data tersimpan akan diolah dan kemudian dikonversi untuk tujuan tertentu. Sebut saja iklan. Sekilas bisa dikatakan Google mengetahui ‘apa saja’ tentang Anda. Apa yang dikunjungi, termasuk data pribadi. Tidak percaya? Ini buktinya.

Pendek kata, Google melacak dan mencari tahu perilaku user. Google mengetahui profil diri pengguna dan aneka hal yang mereka sukai. Jika ingin mengetahui apa saja yang diketahui Google tentang Anda, silakan tuju laman Google.ca/settings/ads (membutuhkan login).

Laman tersebut adalah laman ‘Ads Settings’ untuk mengatur dan mengontrol perihal data user yang dipakai guna kepentingan iklan. Karena iklan diolah dari data user, Google mengonversi agar iklan yang ditampilkan relevan.

Jika Anda adalah pria, suka sepak bola, dan menggemari Manchester United. Tak salah bukan jika Google tampilkan iklan tentang toko daring yang menjual jersey ‘Setan Merah’? Sedangkan laman ‘Ads Settings’ Google menampilkan informasi sebagai berikut:

  • Gender
  • Age
  • Languages
  • Interests
  • lainnya

Patut diketahui Goolge tidak bisa ‘membaca’ profil Anda bila Anda tidak memilih untuk ikuti program iklan mereka berdasar ketertarikan di Google atau internet. Jika tidak inginkan itu bisa menklik opsi di ‘Opt-out settings’.

Pendek kata, dengan memilih opsi tersebut maka Google hanya bisa ‘mengetahui’ diri Anda dari profil yang telah diinput di akun Google bukan dari ‘pelacakan’ yang dilakukan mereka. Tak sudi dilacak 100%, hapus saja akun Google yang dimiliki. Namun, itu tidak menjamin Google tidak akan melacak aktivitas Anda. Sebut saja melalui cookies.

Advertisements
Google Menyimpan Data Aktifitas yang Anda Lakukan di Internet | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better