Google Kecolongan Trojan SMS di Play Store

Trojan SMS

Google kembali kecolongan dengan lolosnya aplikasi berbahaya berupa trojan SMS di Play Store. Malware tersebut ternyata sudah bersarang di Google Play Store sejak setahun yang lalu dan telah di-download oleh banyak pengguna smartphone dan tablet Android. Tentunya malware ini telah banyak memakan korban.

Berdasarkan informasi dari Nathan Collier dari Malwarebytes mengatakan bahwa malware berupa trojan SMS ini menyamar sebagai aplikasi yang disebut dengan Thai Fun Content. Aplikasi berisi malware ini tersedia di Google Play Store dan pengguna yang mengunduh dan menggunakannya akan dikenakan layanan premium $0.37 per harinya.

Setelah aplikasi yang berisi trojan SMS ini banyak memakan korban, Google bari bereaksi dan menghapusnya dari Play Store. Sampai saat ini tak diketahui berapa jumlah pasti download aplikasi tersebut. Kemungkinan, aplikasi trojan SMS yang menyamar menjadi Thai Fun Content ini telah memakan sekitar 1000 korban lebih.

Nathan Collier mengatakan bahwa aplikasi malware Thai Fun Content ini terakhir mendapatkan update pada 20 Agustus 2014. Ia menambahkan bahwa tanggal update tersebut adalah palsu dan itu sebenarnya adalah tanggal di mana aplikasi tersebut hadir di Play Store. 13 November 2014 lalu aplikasi yang mengandung malware ini masih berkeliaran di Play Store.

Berdasarkan kasus lolosnya aplikasi Thai Fun Content hingga bersarang di Play Store selama lebih dari setahun ini membuktikan bahwa malware scanner yang dimiliki oleh Google Play Store masih belum benar-benar mampu mencegah malware. Tampaknya pembuat Thai Fun Content ini telah berhasil menipu malware scanner Play Store.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (14/11/2014), dari kasus ini dapat menjadi pembelajaran bagi kita untuk tidak menginstal aplikasi sembarangan, meski dari Google Play Store.

Advertisements
Google Kecolongan Trojan SMS di Play Store | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better