Google Kasih Rp 65 Juta Bagi yang Menemukan Bug di Youtube

Youtube

Google kasih USD 5.000 pada hacker yang berhasil menemukan bug di situs berbagi video Youtube. Uang setara Rp 65 juta itu jadi reward yang pantas bagi seorang peneliti security atas usaha dan jerih payahnya. Seperti apa?

Jadi satu media berbagi video paling populer di dunia, Youtube wajib meminimkan error yang dijumpai pengguna mereka. Di tangan Google, Youtube makin mantab sebab ditunjang oleh insinyur kenamaan mereka yang mempu menanggulangi segala macam bug yang ditemukan.

Akan tetapi, pasti ada batas untuk itu. Google menyadarinya dan menawarkan reward bagi siapa saja yang mampu menemukan bug di layanan berbagi video populernya itu. Penghargaan yang diberikan yakni USD 5.000 atau setara Rp 65 juta. Berminat?

Ini bisa dilihat dari pengalaman peneliti security – tepatnya hacker – asal Rusia, Kamil Hismatullin yang berhasil menemukan celah berpotensi bahaya di situs Youtube. Bug itu memungkinkan postingan video bisa dihapus siapa saja.

Apa yang dilakukan Hismatullin tidak lepas dari apa yang dilakukan oleh Google, melepas “sayembara” bagi siapa saja yang mampu menemukan bug terkait kemungkinan video Youtube bisa dihapus. Ia, bisa “mengakali” itu dengan mencari kode untuk pengaturan livestreams dan menemukan opsi sederhana dalam menghapus video di Youtube.

Dalam aksi coba-cobanya, ia mencoba menghapus satu posting video di kanal Justin Bieber. Penyanyi solo kondang itu beruntung sebab tidak ada satu video miliknya yang terinfeksi bug tapi tidak dengan channel video lain. Hismatullin kemudian melaporkan temuannya pada Google dan USD 5.000 pun berhasil ia peroleh.

Advertisements
Google Kasih Rp 65 Juta Bagi yang Menemukan Bug di Youtube | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better