Gara-Gara Monyet, Jaringan Internet di Kota Ini Sulit Dibangun

Monyet Selfie

Seperti halnya di Indonesia, Pemerintah India juga sedang menggalakkan masuknya akses interney hingga ke pedesaan. Namun di negara para artis Bollywood itu, perluasan jaringan internet justru dihalangi oleh ulah monyet. Ini terjad di kota tua bernama Varanasi, utara India. Di tempat tersebut, kawanan monyet menganggu infrastruktur yang disediakan untuk jaringan internet.

Di kota yang berusia lebih dari 3.000 tahun tersebut menjadi tempat hidup banyak monyet. Keberadaan monyet cukup dihormati oleh masyarakat setempat. Sekira ratusan monyet bebas berkeliaran di berbagai sudut kota tanpa diganggu. Monyet ini menguni sebuah kuil di sana dan hidup berdampingan dengan manusia.

Hanya saja kawanan monyet di Varanasi kerap merusak kabel serap optik yang dipakai untuk menghantarnya akses internet. Ada monyet yang memakannya hingga terjadi kerusakan yang cukup signifikan. Inilah kendala yang sangat merepotkan perluasan jaringan internet.

“Kami tidak bisa memindahkan kuil-kuil ini, dan kami tidak bisa memodifikasi apa pun yang ada di sini. Akibatnya para monyet di sini memakan dan menghancurkan kabel serat optik yang terpasang,” kata juru bicara AP Srivastava, instansi yang mengerjakan proyek ini seperti dikutip CNN Indonesia.

Kabel serat optik tersebut tidak dapat ditanam dalam tanah karena penduduk kota Varanasi sangat padat. Mengusir kawanan monyet juga tidak memungkinkan karena masyarakat mennganggapnya sudah seperti bagian dari hidup mereka.

Padahal, dana yang digelontorkan Pemerintah India tidak sedikit untuk mengenalkan internet bagi warganya. Tercatat telah dianggarkan 18 miliar dolar AS. Kabel optik yang disiapkan untuk menghubungkan lebih dar 250 ribu kota kecil di India punya panjang sekitar 700 ribu kilometer. Selain monyet ini, masalah yang dihadapi lainnya adalah jaringa listrik yang tidak merata, kondisi buruknya tanah, hingga kepadatan penduduk.

Advertisements
Gara-Gara Monyet, Jaringan Internet di Kota Ini Sulit Dibangun | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better