Fousis Umbrella, Tongsis dari Payung Karya Siswi MAN 2 Kudus

Fousis Umbrella

Apa jadinya jika tongsis (tongkat narsis) dibuat dari payung. Jika Anda penasaran akan hal itu maka tanyalah pada siswi MAN 2 Kudus. Mereka membesut Fousis Umbrella, tidak hanya tongsis namun juga tripod dari payung.

Dua siswi MAN 2 Kudus, Jawa Tengah ciptakan inovasi terkini yang hadirkan tiga kegunaan pada sebuah alat. Pertama untuk payung, lalu ada fungsi tongsis, dan ketiga yakni untuk penyangga kamera (tripod).

“Fungsi utama (Fousis Umbrella) penemuan kami adalah sebagai payung,” kata Nurmila Karimah, inventor muda pencipta Fousis Umbrella.

Untuk kain payungnya sendiri dibuat dari terpal namun bisa diganti dengan material lain yang lebih efisien dan tahan air. Selain Nurmila ada Oze Dora Ilala. Keduanya adalah dua siswi yang sukses masuk 25 finalis kompetisi remaja nasional yang dibesut LIPI tahun ini.

“Cara kerjanya apabila ingin menjadikannya tongsis, cukup dengan menarik besi yang menjadi tangkai payung. Di atas tongsis sudah kami pasangi kenop untuk memasang kamera atau ‎holder untuk telepon genggam,” tandas Oze rekan Nurmila.

Bagaimana dengan tripod? Unik tidak berkaki tiga melainkan empat. Mereka berdua kemudian menyebutnya sebagai ‘fourpod’. Alat ini memanfaatkan tangkai payung untuk dijadikan kaki.

“Kalo pengen jadiin payungnya sebagai fourpod, kain payungnya tinggal dibuka, terus tangkai payungnya dijadikan kaki untuk fourpod,” sambung Oze.

Pertanyaannya kemudian, berapa biaya yang dibutuhkan guna membesut alat tersebut? Nurmila mengaku hanya sekitar Rp 150 ribu. Jika dikomersilkan, Fousis Umbrella bisa diubah dengan selera pasar untuk menekan ongkos produksi.

Advertisements
Fousis Umbrella, Tongsis dari Payung Karya Siswi MAN 2 Kudus | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better