Foto Selfie di Masa Depan Bisa Gantikan Password

Selfie

Dari aksi narsis diri menjadi kata sandi. Mungkinkah di masa depan foto Selfie bisa menggantikan password? Mungkin atau tidak mungkin, apa yang diletupkan Michael Daniel, koordinator keamanan siber Gedung Putih cukup menarik. Manfaatkan fitur kamera ponsel, foto Selfie bisa jadi pengganti kata sandi.

Password umumnya penuh dengan keluhan. Mulai ‘sukar’ dalam pemilihan hingga tidak sedikitnya kasus akun ‘bocor’ karena kata sandi mudah dibobol. Deretan angka, huruf, atau simbol hingga hari ini masih jadi primadona sebagai bagian dari kata sandi yang dipakai untuk akses login.

Dalam satu diskusi yang dihelat oleh American Center for National Policy, Michael Daniel mengemukakan idenya tersebut. Ia berpendapat jika ingin metode password saat ini diganti sebab sangat ‘mengerikan’.

Ia kemudian menyinggung soal teknologi pemindaian sidik jari di ponsel yang bisa dipakai sebagai pengganti password. Diketahui jika teknologi itu memang telah disuntikkan ke sejumlah perangkat smartphone flagship.

Kemudian ia menyinggung fitur lain yakni kamera. Fitur ini jadi primadona sebab masif dipakai guna sejumlah keperluan salah satunya yakni aksi Selfie.

“Anda bisa gunakan kamera pada ponsel, sekarang semua ponsel miliki itu, sehingga Selfie bisa dimanfaatkan untuk suatu hal lain (password) selain posting ke Facebook,” kata Michael Daniel.

Ide Daniel tentu saja sangat menarik. Entah bakal terwujud atau tidak, yang jelas letupan gagasan ini bisa jadi masukan bagi pegiat teknologi untuk ciptakan sistem yang lebih baik dalam menjaga keamanan akun pengguna.

Advertisements
Foto Selfie di Masa Depan Bisa Gantikan Password | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better