Foto Menakjubkan Letusan Gunung Api Calbuco di Chili

calbuco3

Gunung Api Calbuco yang berada di selatan Chile meletus Rabu kemarin (22 April 2015). Letusan tersebut memunculkan fenomena mengerikan, namun juga “indah” khas gunung api. Pasalnya, letusan tampak memuntahkan berbagai material menuju ke angkasa disertai dengan keluarnya lava. Selain itu terlihat pula kilatan-kilatan petir dan gemuruh yang bersahutan.

Muntahan material ke angkasa bak sebuah corong asap pabrik. Abu vulkanik beterbangan ke mana-mana dan pemerintah setempat menyatakan keadaan darurat untuk kondisi ini. Dalam radius 20 kilometer, warga harus dievakuasi untuk menghindari terjadinya korban meninggal. Semua yang berada di radius tersebut tertutup dengan abu.

“Situasinya cukup rumit,” kata Gervoy Paredes, Wali Kota Puerto Montt, seperti dikutip Kompas.

Akibat letusan ini, es yang mendiami Sungai Blanco mencair dan menimbulkan banjir. Aktivitas bandara dihentikan karena abu vulkanik bertebaran cukup pekat. Banyak jalan yang mengalami kemacetan, begitu juga antrean di SPBU mengular.

“Saya ingin meminta penduduk untuk tetap tenang dan tetap mendengarkan informasi,” kata Menteri Dalam Negeri Rodrigo Penailillo kala itu.

“Polisi telah memulai melakukan evakuasi,” tambahnya.

Letusan Gunung Calbuco ini termasuk cukup lama untuk meletus lagi. Terakhir kali gunung tersebut meletus 43 tahun lalu dan untuk yang terbaru ini lebih eksplosif. Jangkauan semburan awan panas ke angkasa mencapai 10 kilometer.

Berikut beberapa foto saat Gunung Api Calbuco meletus kemarin:
calbuco4

calbuco3

calbuco2

calbuco1

Advertisements
Foto Menakjubkan Letusan Gunung Api Calbuco di Chili | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better