Fitur Pengunci Telepon Sidik Jari di Samsung Galaxy S5 Berhasil Diretas

Samsung Galaxy S5 PlusSamsung Galaxy S5 Plus

Fitur kunci telepon sidik jari yang ditanamkan pada Samsung Galaxy S5 berhasil diretas. Dengan kejadian ini maka pemilik Galaxy S5 dimungkinkan dapat mengalami pencurian informasi pribadi saat dipakai di tempat lain. Peretas bisa menciptakan kopi sidik jari yang berguna untuk membuka kunci telepon. Demikian dikutip dari laman Okezone.

Peneliti dari FireEye mengungkapkan, temuan ini membuat ponsel yang berbasis Android dan memakai sistem ID sidik jari sama rentannya untuk diretas. Atas hal ini, Samsung pun menyatakan menanggapinya dengan sangat serius terkait pengamanan ponsel besutannya. Samsung juga sedang melakukan penyelidikan dari temuan tersebut.

Fitur sidik jari ini makin sering dibenamkan dalam smartphone untuk mengendalikan keamanan ponsel. Terutama, fitur dipakai untuk membuka kunci atau memberikan izin atas wewenang suatu transaksi. Saat ini Apple dan paypal telah menggunakan sidik jari untuk memeriksa ID. Banyak perusahaan menerapkan langkah serupa sebagai pengganti pengisian kata sandi (password).

Dalam ponsel Android,informasi mengenai sidik jari disimpan dalam memori tertutup yang dinamai Trusted Zone. Peneliti Yulong Zhang dan Tao Wei justru menemukan celah untuk memperoleh data sidik jari melalui daerah aman sebelum ponsel terkunci. Tekni pencurian data memungkinkan dilakukan pada smartphone yang memakai Android versi 5.0 dan versi sebelumnya.

Advertisements
Fitur Pengunci Telepon Sidik Jari di Samsung Galaxy S5 Berhasil Diretas | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better