Fenomena Gerhana Bulan Merah Darah Akan Muncul Malam Nanti

gerhana bulan

Kembali fenomena alam langka berupa gerhana bulan merah darah bakal muncul di langit pada Sabtu (4/4/15) nanti malam. Beruntung sebab hampir seluruh wilayah Indonesia bisa menjadi saksi dari kejadian unik tersebut, tentu saja bila langit cerah tak tertutup awan mendung.

Menurut sumber resmi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, kejadian tersebut diperkirakan berlangsung dari pukul 17.16 – 20.45 WIB, atau 18.16 – 1.45 WITA, atau 19.16 – 22.45 WIT. Bahkan menurutnya wilayah Indonesia Timur akan memperoleh view paling baik karena hari sudah gelap di saat terjadi gerhana berwarna merah tersebut.

Bayangan bulan yang terlihat terpotong akan dimulai dari sisi kanan bawah bulan, dan puncaknya diperkirakan berlangsung pukul 18.58 WIB hingga 19.02 WIB demikian menurut seorang astronom amatir Indonesia, Ma’rufin Sudibyo seperti dilansir laman Kompas.

Puncak gerhana bulan itu hanya berlangsung tak lebih dari 5 menit, atau hanya sekitar 4 menitan. Jadi bila Anda ingin menjadi saksi dari puncak gerhana tersebut, maka disarankan mulai awal bersiap di ruang terbuka agar tidak ketinggalan momen unik dan langka itu.

Apakah gerhana bulan merah darah yang terjadi nanti malam adalah merupakan gerhana bulan total atau tidak, memang ada beberapa pendapat ahli yang berbeda. Namun untuk lebih jelasnya memang baru diketahui saat telah berlangsung. NASA sendiri menyebut bahwa gerhana nanti adalah gerhana bulan total.

Bagi umat muslim, fenomena gerhana bulan adalah salah satu tanda-tanda kebesaran Sang Pencipta yang disunnahkan untuk melakukan sholat gerhana bulan.

Advertisements
Fenomena Gerhana Bulan Merah Darah Akan Muncul Malam Nanti | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better