FB Uji Coba Broadband Drone Tahun Depan, Terealisasi 2018

Drone

Facebook diketahui sebelumnya ingin ‘menyebar’ akses internet gratis via udara melalui drone atau pesawat tanpa awak. Tahun depan bakal diujicobakan kemudian pada tahun 2018, tulis Daily Mail, rencana proyek mulia itu bakal terealisasi.

Memberi akses internet di ‘udara’ bukan hanya dilakukan Facebook semata. Google juga lakukan itu namun dengan ‘alat’ yang berbeda. Jika FB pakai drone, Google memilih balon udara (Project Loon). Keduanya miliki tujuan sama ingin menghubungkan wilayah tertinggal dengan akses internet.

Kabar proyek ‘drone’ Facebook telah menyeru sejak tahun ini. Wujud drone itu sendiri masih urung diketaui namun Facebook berujar jika ukurannya akan kira-kira sama dengan pesawat komersil 747 milik Boeing. Drone tersebut bakal mampu melayang berbulan-bulan di atas ketinggian 65 ribu kaki atau sekitar 19,8 ribu meter.

Tak hanya mampu bertahan melayang berbulan-bulan, drone FB bahkan bisa terbang hingga bertahun-tahun. Sedangkan bobotnya sendiri kurang lebih akan setara dengan empat buah ban mobil beserta velg-nya.

Rencananya drone Facebook akan diujicobakan di wilayah Amerika Serikat pada tahun depan yang kemudian dianjutkan ke 21 negara di wilayah Amerika, Afrika, dan Asia. Namun sayangnya Facebook tidak membeberkan tentang izin terbang di wilayah yang disasar.

Sedangkan akses internet yang dikembangkan adalah proyek kerjasama dengan organisasi nirlaba Internet.org. Di Zambia, Afrika Selatan, organisai tersebut telah meluncurkan aplikasi seluler yang bekerjasama dengan sejumlah mitra seperti Ericsson, Nokia, Qualcomm, dan Samsung.

Advertisements
FB Uji Coba Broadband Drone Tahun Depan, Terealisasi 2018 | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better