FB Tegaskan Tidak akan Buat Tombol Dislike

Like FB

Tombol Like setia menemani pengguna Facebook cukup lama. Tombol ini bersanding dengan Share button dan dwi tunggal tombol ini seakan ‘kesepian’ tanpa pendamping tombol lain. Jika di Youtube ada tombol ‘tidak suka’, mengapa FB enggan tambahkan tombol Dislike?

Semestinya, jika ada tombol Like, tombol Dislike juga harus mendampingi. Sebab, tidak semua pengguna suka akan konten yang dibagikan user di FB. Jika mereka tidak suka, umumnya dilampiaskan ke kolom komentar.

Patut diketahui jika tombol Like tercipta atas tangan dingin Bret Taylor. Ia adalah mantan CTO Facebook. Menukil laman Metro, ia mengisahkan bagaimana kisah permulaan tombol Like tercipta.

“Satu alasan mengapa tombol itu tercipta, orang ingin mengomentari sesuatu tapi mereka tidak tahu harus menulis apa,” kata Taylor.

Menurutnya, sebelum tombol Like ‘lahir’, orang berkomentar ke FB untuk ekspresikan sesuatu ketertarikan akan konten yang dibagikan hanya sekadar dalam satu kata, ‘wow’, ‘cool’, dan lainnya.

“Jadi, tombol Like izinkan mereka lakukan itu (komentar satu kata) dalam sekali klik saja,” imbuhnya.

Taylor menambahkan, hadirnya tombol Dislike akan berakibat kompleks. Sebab, jika orang tidak menyukai sesuatu mereka semestinya menuliskannya di komentar apa alasannya dan bukan sekadar menklik tombol Dislike.

“Jika Anda tidak suka, tulis itu di komentar, saya tidak mengatakan jika tombol ‘Like’ tidak ‘cacat’ atau lebih komplek dari pernyataan negatif laiknya tombol Dislike,” tandasnya.

Advertisements
FB Tegaskan Tidak akan Buat Tombol Dislike | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better