FB Safety Check, Fitur Baru Facebook untuk Deteksi Bencana

FB Safety Check

FB Safety Check dilepas Facebook di Jepang. Negeri tersebut saat ini sedang dalam pemulihan bencana alam pasca tsunami tahun 2011 lalu. Apa dan bagaimana tentang Safety Check? Secara sepintas, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi bencana terkait keselamatan pengguna.

Fitur ini diperkenalkan di Jepang oleh Mark Zuckerberg belum lama ini. Dengan Safety Check, pengguna bisa terhubung dengan teman dan orang yang dicintai ketika bencana datang. Bagaimana cara kerjanya?

Cukup simple. Fitur Safety Check akan mengecek posisi pengguna apakah dekat dengan lokasi bencana. Kemudian, fitur tersebut akan bertanya apakah pengguna dalam posisi aman. Kemudian, pengguna tinggal menekan tombol ‘I’am Safe’ agar semua orang termasuk teman mengetahui kondisi pengguna.

Facebook akan memberitahu posisi teman-teman pengguna yang dalam keadaan aman. Fitur Safety Check bisa pula tampilkan informasi daftar teman yang miliki kemungkinan terkena dampak bencana.

Fitur Safety Check bekerja dengan men-push notifikasi ke perangkat pengguna jika terdeteksi berada di lokasi berbahaya. Sedangkan perihal lokasi, fitur ini akan menentukan lokasi user berdasar informasi yang diinput di profil atau berdasar data terakhir check-in lokasi mereka di FB.

Apa yang dilakukan FB berbeda dengan Twitter. Microblogging tersebut secara cepat bisa menginformasikan deteksi bencana di suatu wilayah di linimasa via tagar khusus. Namun untuk informasi apakah user dalam kondisi aman atau tidak, Facebook unggul di opsi ini.

Advertisements
FB Safety Check, Fitur Baru Facebook untuk Deteksi Bencana | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better