FB Penipu Warga Nigeria Berhasil Diringkus Polisi

Facebook Crime

Empat penipu yang kerap lakukan aksi di Facebook berhasil dibekuk Kepolisian Daerah Jawa Barat. Tiga diantaranya adalah warga negara Nigeria yang berhasil diringkus di sejumlah lokasi berbeda. Pada dan bagaimana perihal penipu FB warga asing ini?

“Mereka ini bekerjasama melakukan penipuan lewat media sosial Facebook,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Martinus Sitompul.

Bagaimana modus penipu menjerat korban? Menurut keterangan polisi, pelaku gunakan akun bernama ‘Nigel Frank’ yang lakukan perkenalan dengan target di Facebook. Dalam obrolannya, pelaku menjanjikan hadiah.

Hadiah itu kemudian dikirimkan dan ditahan di kantor jasa pengiriman kemudian pelaku meminta uang denda ke korban. Kemudian, target diminta mengirim uang ke sejumlah rekening yang berbeda.

“Pelaku meminta uang denda kepada korban sebesar Rp 267 juta,” imbuh Martin.

Polisi menyita barang bukti berupa laptop, modem, sim card, telepon genggam, dan sejumlah uang tunai. Para tersangka kini ditahan di Polda Jawa barat serta terancam Pasal 28 Ayat (1) dan Pasal 45 Ayat (2) Undang-Undang No. 11 tahun 2008 tentang ITE serta Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara dan atau denda maksimal Rp 1 miliar.

Penipuan lewat media sosial jadi satu aksi yang memprihatinkan dan patut diwaspadai siapa saja. Jangan mudah tergiur atau terpengaruh jika ada tawaran menggiurkan yang tidak jelas asal usulnya.

Advertisements
FB Penipu Warga Nigeria Berhasil Diringkus Polisi | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better