Efek Negatif Menggunakan Shampo Setiap Hari

pakai shampo

Menggunakan shampo saat keramas dapat membantu membersihkan rambut dan kulit kepala lebih baik. Selain itu, sebagian besar orang percaya bahwa shampo dapat memberi manfaat lain seperti menyuburkan, menambah kilau, serta menguatkan rambut. Tentu ini seperti yang disebutkan dalam iklan.

Namun faktanya, jika Anda menggunakan shampo untuk keramas setiap hari, ini malah akan memberi efek buruk bagi kesehatan. Penyebabnya adalah beberapa bahan kimia yang terdapat di dalam shampo. Dilansir oleh laman Boldsky, ini efek buruk yang bisa Anda alami:

Kanker

Senyawa bernama Diethanolamaine (DEA), nitrit, juga parabens yang sering digunakan dalam pembuatan shampo bisa memicu munculnya kanker. Apalagi jika setiap hari Anda menggunakannya.

Masalah ginjal dan hati

Diethanolamaine (DEA) pun bisa memberi efek buruk pada ginjal serta hati manusia dalam penggunaan yang berlebihan. Senyawa tersebut kadang juga ditulis sebagai Triethanolamine(TEA).

Rambut bermasalah

Ada pula bahan kimia bernama SLS yang terbukti merusak akar rambut serta memicu rambut rontok. Ini adalah bahan yang membuat shampo berbusa.

Mata

SLS serta SLES adalah bahan kimia yang kerap ditemukan dalam shampo. Jika mengenai mata, maka bisa pula memicu radang, membuat mata perih, bahkan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan katarak.

Asma

Untuk penderita asma, waspada dengan bahan bernama DMDM hydanto in, diazolidinyl urea, imidazolidinyl urea, quaternium-15 serta bronopol. Anda bisa kambuh sesak napas bila sering menggunakan shampo berbahan ini.

Kulit

Beberapa orang dengan kulit sensitif dapat mengalami ruam, gatal, serta kulit merah akibat shampo yang digunakan.

Jadi memang sebaiknya tak terlalu sering menggunakan shampo, atau gunakan shampo herbal jika memang Anda harus keramas setiap hari.

Advertisements
Efek Negatif Menggunakan Shampo Setiap Hari | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better