Djoko Suyanto, Menkominfo Sementara Pengganti Tifatul Sembiring

Djoko Suyanto

Djoko Suyanto didapuk menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) sementara menggantikan Tifatul Sembiring yang mundur sejak 1 Oktober 2014 silam. Situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menampilkan foto dirinya beserta biografi singkat.

Berikut sekilas profil Djoko Suyanto:

  • Nama: Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto
  • Lahir: Madiun, Jawa Timur, 2 Desember 1950
  • Pendidikan: AKABRI (Akademi Angkatan Udara, 1973)
  • Karier: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (22 Oktober 2009 – Sekarang), Panglima Tentara Nasional Indonesia (13 Februari 2006 – 28 Desember 2007)

Pada 1 Oktober silam, Tifatul Sembiring resmi mundur dari Menkominfo Republik Indonesia. Pernyataan tersebut dikemukakan pada Selasa, 30 September 2014 atau selang sehari sebelumnya. Alasannya, yang bersangkutan terpilih sebagai anggota DPR-RI.

“Benar, saya sudah resmi mundur (dari menteri), Keppres-nya turun per hari ini. Saya sudah menyusun semacam buku memori untuk pengganti saya, di dalamnya memuat apa saja yang belum dan harus dilakukan untuk sektor komunikasi dan informatika kita,” ungkap politisi Partai Keadilan Sejahtera kala itu.

Djoko Suyanto sendiri di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Dengan demikian ia akan merangkap jabatan sebagai Menkominfo sementara hingga kabinet berganti.

Pemerintahan era Jokowi – JK khususnya di dunia TIK diharapkan lebih berkembang dan maju yang digawangi oleh Kominfo. Sejumlah nama telah dihembuskan sebagai kandidat bakal calon Menkominfo di kabinet mendatang. Salah satunya yakni Onno Widodo Purbo.

Advertisements
Djoko Suyanto, Menkominfo Sementara Pengganti Tifatul Sembiring | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better