Ditanya Soal Akses Internet, Menkominfo: Internet Indonesia Sudah Cepat, Tapi …

Siput

Akses internet cepat juga jadi perhatian Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Kabinet Kerja Jokowi-JK. Pada sebuah kesempatan ia berujar jika Internet Indonesia sesungguhnya kencang. Namun ada tapinya.

Pada sebuah kesempatan ia juga berharap agar speed internet Tanah Air bisa negebut seperti negeri tetangga Singapura atau Korea Selatan. Hal itu ia sampaikan di sela acara serah terima jabatan di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (27/10).

Menurut Rudiantara, akses internet Indonesia sudah cukup baik. Namun banyak pihak yang inginkan speed internet lebih cepat lagi.

“Baik sebetulnya, hanya kita maunya seperti Korea kan?” kata dia.

Ia menambahkan jika kecepatan Internet di Jakarta dan di kota-kota besar di Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Namun jika pakai skala internasional, Indonesia masih kalah dengan Singapura.

Di negeri ‘Singa Putih’ itu akses internet internasional mencapai 200 kali dibanding Indonesia. Aksesnya 236 per kapita sedangkan Indonesia hanya satu koma sekian. Akses ini sedikit lebih unggul dibanding Myanmar.

Menkominfo sebelumnya Tifatul Sembiring sempat mengatakan jika yang diutamakan adalah akses mereta di Nusantara bukan kecepatan. Apakah Rudiantara akan senada dengan mantan menteri yang suka berpantun itu?

“Dua-duanya, kita enggak bisa nunggu, semua menjadi prioritas,” tandasnya.

Di akhir penutupnya, ia menjelaskan jika kecepatan internet akan berbeda di pelbagai wilayah Tanah Air. Ini disebabkan karena tiap daerah miliki kendala yang berbeda pula di masing-masing wilayah.

Advertisements
Ditanya Soal Akses Internet, Menkominfo: Internet Indonesia Sudah Cepat, Tapi … | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better